Kapolresta Rahmad Hidayat Terinspirasi “Balada Si Roy”

“Salah satu buku yang sangat memberi inspirasi bagi saya adalah buku berjudul Balada Si Roy. Buku tersebut sangat menginspirasi bagi saya,” ungkap Rahmad Hidayat, Kapolresta yang berlatar pendidikan Sarjana Sastra.
Gol A Gong (ketiga kanan) turut hadir dan menyaksikan Peluncuran Pengembangan Program Sakila Kerti, TBM Alam Laut di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.

REPORTER: Nasichi | EDITOR: Dwi Roma | TEGAL | obyektif.id

SAFARI Literasi yang dilakukan Duta Baca Indonesia Gol A Gong di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti, Senin (20/9/2021), sangat menginspirasi bagi para pengelola TBM di Kota Tegal, terutama gagasan untuk membuat sebuah karya tulis, baik berdasar pengalaman pribadi maupun orang lain.

Semangat untuk melahirkan karya tulis pengelola TBM benar-benar tergugah, setelah mereka mendapat wawasan teknik membuat karya tulis dari Gol A Gong, penulis buku terkenal Balada Si Roy. 

Roro Kusnabilla Erfa, istri Wali Kota Tegal (ketiga kiri) bersama Gol A Gong (tengah) usai Peluncuran Pengembangan Program Sakila Kerti, TBM Alam Laut di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.

Kedatangan Duta Baca Indonesia Gol A Gong di Kota Tegal, rupanya juga menjadi surprise bagi Kapolresta Tegal AKBP Rahmad Hidayat, yang ternyata salah satu fans berat Gol A Gong, melalui karya-karyanya.

“Salah satu buku yang sangat memberi inspirasi bagi saya adalah buku berjudul Balada Si Roy. Buku tersebut sangat menginspirasi bagi saya,” ungkap Kapolres yang berlatar pendidikan Sarjana Sastra ini.

Kapolresta Tegal AKBP Rahmad Hidayat menyumbangkan sejumlah buku kepada Yusqon, pendiri dan pengelola TBM Sakila Kerti.

Pada kesempatan itu, Kapolresta Rahmad Hidayat membeli sejumlah buku
karya Gol A Gong dan menyumbangkan sejumlah buku untuk TBM Sakila Kerti.

Pada kesempatan dialog, Gol A Gong memberikan paparannya tentang tulisan yang inspiratif kepada komunitas literasi.

Gol A Gong bersama Duta Baca Kota Tegal, usai Peluncuran Pengembangan Program Sakila Kerti, TBM Alam Laut di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.

Dia juga memberi kesempatan bagi audiens untuk menceritakan pengalaman menarik dan inspiratif seputar dirinya, termasuk Kapolresta Rahmad Hidayat.

Rahmad Hidayat pun menceritakan pengalaman, seputar pahit getir perjalanan hidupnya, dari jadi kondektur bus, sopir taksi, kerja di cucian motor, yang akhirnya bisa sukses menjadi Kapolresta Tegal.

Kedatangan Gol A Gong kali ini sekaligus untuk menyaksikan Peluncuran Pengembangan Program Sakila Kerti, TBM Alam Laut di Pantai Alam Indah (PAI), oleh istri Wali Kota Tegal, Roro Kusnabella Elfa. 

Kota Tegal merupakan kota ketujuh yang disinggahi kegiatan Safari Literasi Gol A Gong.

Mengusung tema “Karya Menulis Inspiratif Bersama Gol A Gong,”  Safari Literasi dihadiri Sekda Kota Tegal Johardi, Kapolres Kota Tegal AKBP Rahmad Hidayat, Kepala Disdikbud, Budayawan Atmo Tansidik, Pendiri Sakila Kerti, Yusqon, serta istri Wali Kota Tegal, Roro Kusnabilla Erfa dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Achmad Farhan.

Sekda Kota Tegal Johardi mengatakan, kegiatan Safari Literasi ini sangat tepat, di saat Pemerintah Indonesia gencar mengajak masyarakat gemar membaca dan menulis. 

Johardi berterima kasih kepada Sakila Kerti yang bisa mendatangkan Duta Baca Indonesia Gol A Gong.

“Karena untuk mendatangkan Gol A Gong itu sangat susah, karena kesibukannya,” ujar Johardi.

Dengan adanya TBM Sakila Kerti, menurut Johardi, pengunjung PAI tidak hanya menikmati keindahan pantai saja, tapi sekaligus juga bisa belajar melalui buku-buku yang sudah disediakan di TBM Sakila Kerti.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan Safari Literasi bersama Duta Baca Indonesia ini, akan menggugah semangat gemar membaca dan menulis, terutama bagi generasi muda,” paparnya.

Johardi juga merasa bersyukur, karena Kota Tegal sekarang sudah pada Level 2, sehingga anak-anak sekarang sudah bisa kembali berangkat ke sekolah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Kita berharap, dalam waktu dekat Tegal bisa masuk zona hijau,” tandas Johardi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *