Seluruh Petugas KPPS Wonosobo Jalani Rapid Test

“Jika nantinya ada yang positif Covid-19, maka mereka harus dikarantina terlebih dulu sampai sembuh, sehingga seluruh petugas KPPS, PPS, dan Linmas negatif Covid-19,” beber Sulistiyadi.

REPORTER: Suparman | EDITOR: Dwi Roma | WONOSOBO | obyektif.id

SELURUH petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan Linmas di wilayah Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah diambil sampel darahnya untuk dilakukan tes cepat atau rapid test.

Kebijakan ini dilakukan untuk memenuhi protokol kesehatan Covid-19, jelang pelaksanaan Pilkada serentak, 9 Desember 2020 mendatang, di mana semua elemen penyelenggara pilkada harus bebas Covid-19.

Petugas kesehatan melakukan rapid test di Puskesmas Kejajar 2.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kejajar Sulistyadi mengatakan, rapid test wilayah PPK Kejajar dilaksanakan selama sepekan terakhir ini. Sasarannya adalah semua anggota PPS, KPPS, dan anggota Linmas di wilayah PPK Kejajar.

“Semua anggota PPS, KPPS, dan Linmas di 16 desa di wilayah Kejajar harus mengikuti rapid test, karena pada saat penyelenggaraan Pilkada Wonosobo 2020 di 96 TPS, semua harus bebas Covid-19,” kata Sulistiyadi kepada obyektif.id di Kejajar, Sabtu (21/11/2020).

Dua Puskesmas

Pelaksanaan rapid test digelar di dua Puskesmas, yaitu Puskesmas Kejajar 1 untuk wilayah Kejajar bawah yang meliputi Desa Buntu, Sigedang, Tambi, Kreo, Serang, Kejajar, Igermranak, Tieng, dan Surengede.

Sedangkan di Puskesmas Kejajar 2 untuk wilayah atas, meliputi Desa Dieng, Jojogan, Patakbanteng, Campursari, Sikunang, Parikesit, dan Sembungan.

“Jika nantinya ada yang positif Covid-19, maka mereka harus dikarantina terlebih dulu sampai sembuh, sehingga seluruh petugas KPPS, PPS, dan Linmas negatif Covid-19,” beber Sulistiyadi.

Pelaksanaan rapid test di Puskesmas Kejajar 2.

Semua proses dilakukan untuk menjamin kepastian semua tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo, memenuhi protokol kesehatan.

Rapid test telah menjadi langkah awal KPU Wonosobo dalam mempersiapkan personelnya menghadapi pelaksanaan tahapan Pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, Kabupaten Wonosobo termasuk dalam daftar 6 daerah kabupaten di Jawa Tengah yang hanya diikuti pasangan calon tunggal.

Pasangan Calon Tunggal Bupati-Wakil Bupati Wonosobo adalah Afif Nurhidayat-Muhammad Albar.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *