Digelontor Rp 100 Juta, RT 01/RW 12 Krajankulon Siap Cor Jalan

Kades Abdul Latif mengatakan, BKK Berbasis Dusun yang diterima Desa Krajankulon telah disepakati disalurkan untuk pembangunan rabat beton atau pengecoran jalan di Dusun 2, RT 01/RW 12.
Sebujur jalan di lingkungan RT 01/RW 12 Perumahan Griya Mutiara yang bakal tersentuh pembangunan raban beton dari pealokasian Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Berbasis Dusun Desa Krajankulon Tahun 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kendal, Jawa Tengah, pada tahun 2022 terus merealisasikan secara bertahap pengucuran program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) di sejumlah dusun. Salah satunya kepada Desa Krajankulon, Kecamatan Kaliwungu.

Besaran dana yang disalurkan bagi setiap dusun mencapai Rp 100 juta. Ini merupakan bagian dari visi-misi atau program Bupati Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Windu Suko Basuki yang ditawarkan saat kampanye, 2020 silam.

Kepala Desa Krajankulon Abdul Latif menyampaikan paparan terkait Sosialisasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Berbasis Dusun Desa Krajankulon Tahun 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Bupati Kendal Dico M Ganinduto merencanakan penyaluran BKK akan dilakukan bagi seluruh dusun dan mengharapkan dana tersebut mampu dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Krajankulon Abdul Latif mengatakan, BKK untuk Pemerintah Desa Berbasis Dusun direncanakan dan dianggarkan sesuai dengan permohonan atau proposal dari pemerintah desa, dan diberikan sesuai kemampuan keuangan daerah, melalui musyawarah desa dan kepala desa menyampaikan proposal (usulan) kepada bupati melalui camat sesuai dengan skala prioritas.

Kepala Desa Krajankulon Abdul Latif. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“BKK Berbasis Dusun yang diterima Desa Krajankulon telah kami sepakati disalurkan untuk pembangunan rabat beton atau pengecoran jalan di Dusun 2, RT 01/RW 12, Perumahan Griya Mutiara ini,” kata Kades Krajankulon Abdul Latif.

Agar program sejalan dengan aturan dan ketentuan, Pemerintah Desa (Pemdes) Krajankulon menggelar Sosialisasi Bantuan Keuangan Khusus Berbasis Dusun Desa Krajankulon Tahun 2022 untuk Pembangunan Rabat Beton di Dusun 2, RT 01/RW 12, di Musholla Baiturrahmah, Perumahan Griya Mutiara, Selasa (23/9/2022) malam.

Kepala Desa Krajankulon Abdul Latif didampingi Pendamping Dusun Eko Kurniawan dan Koordinator Kecamatan Parsih Handayani, serta Sekdes Zulia Emarizti, Kadus Rini Akhadiyati, dan Ketua RW 12 Sami’an. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Sosialisasi dihadiri Koordinator Kecamatan Parsih Handayani dan Pendamping Dusun Eko Kurniawan, dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Kendal, Sekretaris Desa (Sekdes) Krajankulon Zulia Emarizti, Kepala Dusun (Kadus) Rini Akhadiyati, Ketua RW 12 Sami’an, Ketua RT 01 Oki Arisendra, serta sejumlah tokoh masyakarat dan warga setempat.

Pendamping Dusun Eko Kurniawan menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendampingan dalam pelaksanaan pembangunan rabat beton atau pengecoran jalan di Dusun 2, RT 01/RW 12 Desa Krajankulon ini sejak persiapan, sosialisasi, saat pengerjaan, hingga selesai.

Pendamping Dusun Eko Kurniawan. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Seperti yang telah disepakati, BKK Berbasis Dusun sebesar Rp 100 juta ini bakal dialokasikan untuk pembangunan rabat beton sepanjang 208 meter, lebar 4 meter, dengan ketebalan 12 cm,” terangnya.

Pengerjaan direncanakan dimulai Senin (26/9/2022) dan diperkirakan selesai dalam lima hari ke depan.

Pendamping Dusun Eko Kurniawan dan Koordinator Kecamatan Parsih Handayani berbincang dengan Sekretaris RT 01/RW 12 Arif Rosidin. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Untuk memastikan program BKK Berbasis Dusun berjalan sesuai dengan yang diharapkan, Bupati Kendal Dico M Ganinduto akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan pembangunan program ini.

“Kehadiran Pak Bupati, bisa jadi saat pelaksanaan atau setelah selesai pengerjaan,” ujar Eko Kurniawan.

Rizal, seorang warga RT 01/RW 12 menyampaikan terima kasih atas kucuran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Berbasis Dusun bagi pembangunan rabat beton di lingkungan tempat tinggalnya. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Program BKK Berbasis Dusun dimaksudkan untuk pemerataan dan percepatan pembangunan desa melalui dusun dan diharapkan mampu memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, kegiatan sosial, dan pendidikan.

Pada 2022, terdaftar kurang lebih 612 dusun yang bakal digelontor program BKK Berbasis Dusun, dan sisanya pada tahun 2023. Sesuai instruksi Bupati Kendal, tahun 2023 semua dusun dipastikan sudah menerima atau mendapatkannya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *