Pengurus OSIS Speroka Antusias Jadi Jurnalis

Penanggung Jawab LDK OSIS SMPN 2 Kaliwungu Tahun 2022 Abdul Mukti menerangkan, LDK OSIS bertujuan untuk membentuk sikap “Disiplin dan Tanggung Jawab menuju Pengurus yang Mandiri dan Kreatif”, sebagaimana tema besar yang diusung kali ini.
Siswa-siswi peserta Pelatihan Jurnalistik Dasar LDK OSIS Speroka 2022 melakukan praktik liputan dan pengambilan gambar di lingkungan seputar sekolah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER: Putri Dewanti (VIII-G Speroka) | EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

SEJUMLAH siswa-siswi SMP Negeri 2 Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah mendadak berani dan antusias melakukan praktik liputan serta wawancara kepada guru dan narasumber dalam Pelatihan Jurnalistik Dasar di lingkungan sekolah yang ber-tagline “Beautiful in Small” ini, Kamis (12/5/2022).

Penanggung Jawab LDK OSIS SMPN 2 Kaliwungu Tahun 2022 Abdul Mukti memberikan pengarahan kepada peserta. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Di bawah kepemimpinan Kepala Nunuk Sri Harjanti, SMPN 2 Kaliwungu atau Speroka yang merupakan Sekolah Penggerak menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Tahun 2022 di Ruang Kelas IX-A, Rabu-Sabtu (11-14/5/2022).

Dwi Roma membedah berita yang ditulis Putri Dewanti, salah seorang siswi peserta Pelatihan Jurnalistik Dasar LDK OSIS Speroka 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Kegiatan pelatihan selama empat hari, dengan materi utama Kepemimpinan dan Organisasi serta Jurnalistik Dasar ini diikuti 35 peserta, terdiri atas siswa-siswi kelas VII dan VIII yang terpilih menjadi calon pengurus baru OSIS, serta pengurus lama OSIS, dua di antaranya Ketua Sindy Shafariana Cahyani dan Sekretaris Anis Izzatun Nisa.

Didampingi Sekretaris OSIS SMPN 2 Kaliwungu Anis Izzatun Nisa, Dwi Roma memaparkan dasar-dasar jurnalistik kepada peserta LDK OSIS Speroka 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Pelatihan Jurnalistik Dasar menghadirkan Dwi Roma, Pemimpin Redaksi obyektif.id Cyber Magazine dan Pemimpin Redaksi inspirasiline.com Edutainment Portal.

Penanggung Jawab LDK OSIS SMPN 2 Kaliwungu Tahun 2022 Abdul Mukti menjelaskan, kepesertaan pengurus lama OSIS sebagai pendamping sekaligus membantu dalam kepanitiaan.

Dwi Roma menyimak berita yang ditulis dan dibacakan salah seorang siswa peserta Pelatihan Jurnalistik Dasar LDK OSIS Speroka 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Menjawab pertanyaan Moza Aurellia Salsabila dari Kelas VII-E dan Kinanthi Hasya Putri Aditya (Kelas VIII-A), yang bersemangat maju untuk mewawancarainya, Abdul Mukti menerangkan, LDK OSIS Speroka 2022 bertujuan untuk membentuk sikap “Disiplin dan Tanggung Jawab menuju Pengurus yang Mandiri dan Kreatif”, sebagaimana tema besar yang diusung kali ini.

Kinanthi Hasya Putri Aditya, salah seorang siswi peserta Pelatihan Jurnalistik Dasar melakukan praktik wawancara dengan Penanggung Jawab LDK OSIS SMPN 2 Kaliwungu Tahun 2022 Abdul Mukti. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Dengan mengikuti pelatihan jurnalistik, pengurus OSIS Speroka diharapkan bisa menjadi wakil atau garda terdepan dalam penyampaian berita maupun informasi seputar SMP Negeri 2 Kaliwungu,” terang Abdul Mukti.

Saat pemaparan materi Kepemimpinan dan Organisasi, Rabu (11/5/2022), Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan SMPN 2 Kaliwungu Agus Wachiddin menyampaikan bahwa pemimpin harus memunyai visi, keberanian, dan kerendahan hati.

Sambil menyimak pemaparan materi dari Dwi Roma, siswa-siswi peserta Pelatihan Jurnalistik Dasar LDK OSIS Speroka 2022 juga sibuk berdiskusi dalam praktik penulisan berita. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Paparan Agus Wachiddin selaras dengan kiat-kiat seputar jurnalistik yang dibeber Dwi Roma, Kamis (12/5/2022). Secara singkat dan padat, jelas dan tegas, wartawan senior asli Kota Santri, Kecamatan Kaliwungu ini mengungkapkan bahwa menulis berita harus mengacu pada rumus dasar 5W+1H (What, Who, Why, Where, When + How) atau “Apa, Siapa, Mengapa, Di Mana, Kapan + Bagaimana”.

Putri Dewanti, salah seorang siswi peserta Pelatihan Jurnalistik Dasar LDK OSIS Speroka 2022 praktik menulis berita. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Selain dibangun dengan pola piramida terbalik —mengutamakan yang dinilai paling penting terlebih dulu, berita yang baik juga mesti ditulis dengan bahasa jurnalistik alias bahasa yang efektif dan efisien. Tidak bertele-tele,” tandas Dwi Roma.

Putri Dewanti, salah seorang siswi peserta Pelatihan Jurnalistik Dasar LDK OSIS Speroka 2022 berdiskusi dengan Dwi Setyaningsih, guru Bahasa Indonesia sekaligus narasumber dan pembimbing media sosial (medsos) SMPN 2 Kaliwungu. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Hari ketiga, Jumat (13/5/2022), LDK OSIS diisi kegiatan Praktik Jurnalistik dibimbing Dwi Setyaningsih. Sedangkan hari terakhir, Sabtu (14/5/2022), diisi materi Pengenalan dan Praktik Penggarapan Flyer, Twibon, dan Caption di Media Sosial (Medsos) oleh Arif Kurniawan, sekaligus Persiapan Pelantikan Pengurus OSIS, Selasa (17/5/2022) mendatang. Kedua narasumber tersebut merupakan guru setempat.

Adelia Rafa Huwaida, siswi Kelas VIII-G peserta LDK OSIS Speroka 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Betapapun, gelaran LDK OSIS Speroka 2022 mendapat tanggapan positif dari seluruh peserta, para calon pengurus dan pengurus lama OSIS.

“Saya senang bisa mengikuti pelatihan jurnalistik ini, karena bisa menambah ilmu dan pengetahuan terkait jurnalistik dari narasumbernya langsung,” ungkap Adelia Rafa Huwaida, peserta LDK OSIS Speroka 2022 dari Kelas VIII-G.

Putri Dewanti (kanan) praktik wawancara temannya, Arvin Nabil Firmansyah, siswa Kelas VIII-C peserta LDK OSIS Speroka 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Dengan suara lirih dan agak malu-malu, Arvin Nabil Firmansyah, siswa Kelas VIII-C mengaku bangga bisa menjadi peserta LDK OSIS Speroka 2022.

“Pengalaman saya jadi bertambah dan bisa untuk melatih keberanian bicara di depan umum,” ujar Arvin.

Ketua OSIS SMPN 2 Kaliwungu Sindy Shafariana Cahyani mengapresiasi positif gelaran LDK OSIS Speroka 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Ketua OSIS SMPN 2 Kaliwungu Sindy Shafariana Cahyani yang turut mendampingi dalam kepanitiaan, menyampaikan apresiasinya pada gelaran LDK OSIS Speroka 2022, yang menurutnya jauh lebih baik.

“Adik-adik peserta LDK OSIS kali ini juga lebih baik dan antusias dalam mengikuti materi-materi yang disampaikan narasumber,” tutur siswi Kelas IX-A ini.

Para peserta LDK OSIS Speroka 2022 bersama guru dan narasumber meneriakkan yel “Speroka Bisa, Bisa, Bisa… Luar Biasa! // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Pun semua sepakat, LDK OSIS SMPN 2 Kaliwungu Tahun 2022 diharapkan bisa melahirkan pengurus baru OSIS yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki jiwa kepemimpinan. Karena “Speroka Bisa, Bisa, Bisa… Luar Biasa!”***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *