Keren, Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap gelaran Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin, sekaligus memberikan dukungan kepada seluruh santriwan-santriwati untuk terus mensyiarkan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin.
Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki berpesan kepada para santriwan-santriwati untuk terus mensyiarkan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

KEREN. Diawali pawai ta’aruf dan karnaval yang diikuti seluruh santriwan-santriwati dan jajaran asatiz atau pengajar, Jumat (18/3/2022), Haflah Akhirussanah Taman Pendidikan Alquran (TPQ)-Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA)-Pondok Pesantren (Ponpes) Ma’had Ta’limil Qur’an Baitussyakirin, Dukuh Ngrau Tengah, RT 02/RW 03, Desa Tunggulsari, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah berlangsung khidmat, meriah, dan mengesankan.

Pawai Ta’aruf & Karnaval TPQ-MDA-Ponpes Baitussyakirin mengawali rangkaian Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Bergulir selepas Salat Jumat, para santri dari ketiga jenjang pendidikan itu terlihat antusias dan bergembira mengikuti pawai, yang mengambil rute mulai dari halaman Ponpes Baitussyakirin hingga perbatasan desa, dan kembali lagi ke titik awal keberangkatan.

Pawai Ta’aruf & Karnaval TPQ-MDA-Ponpes Baitussyakirin di hari pertama, Jumat (18/3/2022) diikut seluruh santri dan jajaran asatiz. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Sepanjang perjalanan, seluruh peserta karnaval tak henti-henti melantunkan shalawat diiringi tetabuhan rebana dengan seperangkat sound system yang diusung di atas mobil bak terbuka. Para santri di barisan terdepan membentangkan spanduk bertulisan “Pawai Ta’aruf dan Karnaval Ponpes Baitussyakirin” dan di belakangnya diikuti para santri yang menenteng kembang manggar warna-warni.

Shalawat dengan iringan rebana di mobil bak terbuka turut mengiringi Pawai Ta’aruf & Karnaval TPQ-MDA-Ponpes Baitussyakirin. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Kemeriahan pawai ta’aruf dan karnaval di hari pertama, Jumat (18/3/2022) pun usai tepat selepas kumandang azan Asar.

Hari kedua, Sabtu (19/3/2022) diisi penuh prosesi haflah akhirussanah, yang dimulai sejak siang selepas Zuhur, meliputi khataman Muslimat, imtihan atau ujian TPQ dan MDA, khotmil Qur’an, serta pengajian umum yang menghadirkan tiga ulama sekaligus, yaitu Habib Ali Ridho bin Ahmad bin Ali Assegaf, Kiai Haji (KH) Lubabul Ma’ali Ahmad, dan KH Sholikhan Assahal.

Shalawat dan rebana oleh santriwati menjadi pembuka Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin di hari kedua, untuk jenjang TPQ-MDA. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Gelaran acara untuk jenjang TPQ dan MDA berlangsung siang hingga sore. Sedangkan puncak acara Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin, dimulai selepas Isya hingga selesai jelang tengah malam.

Umi Lailatul Munawaroh bersama jajaran ustazah memimpin Haflah Akhirussanah TPQ-MDA Baitussyakirin. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Selain demonstrasi kefasihan hafalan oleh para santri di atas panggung, Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin semakin istimewa dengan kehadiran Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki atau akrab disapa Pakde Bas yang rela blusukan untuk sampai ke lokasi acara.

Lubabul Fahmi Ahmad dan Annida Luthfiatul Muflichah, putra-putri Kiai Moh Muchsinun memimpin iring-iringan para wisudawan-wisudawati di malam puncak Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Didampingi Pengasuh Ponpes Baitusyyakirin Kiai Moh Muchsinun atau akrab disapa Abah Muchsinun, Pakde Bas menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap gelaran Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin.

Salam cipika-cipiki ala Kiai Moh Muchsinun saat menyambut kehadiran Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, disaksikan Ahmad Baihaqi (berdiri pertama kiri), putra sulung Abah Muchsinun. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Selaku Wakil Bupati, tentu saya mendukung kegiatan-kegiatan yang sangat positif, bagus, dan religius seperti ini. Kepada seluruh santriwan-santriwati, mudah-mudahan bisa terus syiarkan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin,” tegas Pakde Bas.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Habib Ali Ridho bin Ahmad bin Ali Assegaf, salah satu ulama yang memberikan tausiyah atau mauidhatul hasanah berpesan kepada para khatimin-khatimat serta seluruh hadirin, untuk selalu menjaga pendidikan dan akhlaqul karimah.

Gaya penuh semangat Habib Ali Ridho bin Ahmad bin Ali Assegaf saat menyampaikan tausiyah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Khusus kepada para orangtua atau wali santri, Habib Ali Ridho menegaskan pentingnya mengawal anak-anak agar senantiasa berpedoman pada Alquran dan Hadis, sehingga bisa menjadi generasi Qur’ani.

KH Lubabul Ma’ali Ahmad saat berceramah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Terlebih di era digital saat ini, pengaruh kehadiran gawai atau gadget sangat dominan dan berpotensi merusak moral dan akhlak anak-anak sebagai generasi penerus. Bahkan Dajjal sekarang ya HP itu!” cetusnya serius.

KH Sholikhan Assahal saat berceramah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Pengasuh Ponpes Baitussyakirin Kiai Moh Muchsinun mengaku bersyukur atas penyelenggaraan rangkaian acara haflah akhirussanah yang berlangsung lancar, dari hari pertama hingga purna di hari kedua.

Lebih dari itu, Abah Muchsinun tak dapat menyembunyikan rasa bangganya terhadap santriwan-santriwati yang lulus dan diwisuda.

Kiai Moh Muchsinun menyampaikan pesan dan doa kepada wisudawan-wisudawati, didampingi putra sulung Abah Muchsinun, Ahmad Baihaqi. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Mereka adalah generasi penerus yang kelak bakal menjadi penjaga Alquran dan membesarkan agama Islam, minimal di lingkungan masing-masing,” ujar Abah Muchsinun.

Bahkan, dengan mata berkaca-kaca, Abah Muchsinun sempat terkenang perjalanan perjuangannya dalam membangun dan membesarkan Ponpes Baitussyakirin hingga seperti sekarang.

Ketakziman para santri kepada Kiai Moh Muchsinun saat penyerahan ijazah oleh Ahmad Baihaqi. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin diikuti sebanyak 70 khatimin-khatimat dan wisudawan-wisudawati. Meliputi 8 wisudawati, 7 wisudawan, 26 orang lulusan Juz Amma putri, 11 Juz Amma putra, 9 orang lulusan Binadhor (30 juz Alquran) putri, 5 Binadhor putra, serta satu orang lulusan Bil Ghoib putri dan 3 orang lulusan Bil Ghoib (30 juz Alquran) putra.

Pengasuh Ponpes Ma’had Ta’limil Qur’an Kiai Moh Muchsinun. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Tak hanya dari desa atau seputar Kabupaten Kendal, mereka juga berasal dari Semarang, Demak, Banten, hingga Rokan Ilir, Riau.  

Membanggakan, seorang dan satu-satunya wisudawati Bil Ghoib, Annida Luthfiatul Muflichah tak lain merupakan putri Abah Muchsinun.

Annida Luthfiatul Muflichah (berdiri), putri Kiai Moh Muchsinun, satu-satunya wisudawati Bil Ghoib (30 juz Alquran) di Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin kali ini. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Annida bukan satu-satunya anak Abah Muchsinun yang turut diwisuda kali ini. Salah satu dari 3 orang wisudawan Bil Ghoib, yaitu Lubabul Fahmi Ahmad dan Mohammad Azmil Umur yang menjadi satu dari 11 lulusan Juz Amma putra, juga merupakan anak-anak Abah Muchsinun.

Kiai Moh Muchsinun-Umi lailatul Munawaroh dan ke-6 putra-putrinya berfoto bersama Habib Ali Ridho bin Ahmad bin Ali Assegaf seusai acara. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Hidup bersama istri tercinta, Umi Lailatul Munawaroh, Abah Muchsinun dikaruniai 6 putra-putri, Ahmad Baihaqi (25), Siti Umdatul Ulya (24), Muhammad Khafidzul Muhtar (22), Lubabul Fahmi Ahmad (20), Annida Luthfiatul Muflichah (18), dan Mohammad Azmil Umur (7).

Selain Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Haflah Akhirussanah Ponpes Baitussyakirin juga dihadiri orangtua atau wali santri, sejumlah ulama dan tokoh masyarakat sekitar, termasuk Kepala Desa (Kades) Tunggulsari Abdul Khamid dan Kades Penjalin Suwondo, serta ratusan undangan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *