Tes Urine, Kutoharjo Pelopori Desa Bersinar

Tes urine merupakan upaya deteksi dini dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, utamanya bagi perangkat, lembaga, dan TP PKK Desa Kutoharjo.
Kepala Desa Kutoharjo Ivan Styawan dan Kasi Pemerintahan Totok Haryanto (berdiri) serta Kader Antinarkotika TP PKK Desa Kutoharjo, Enny Fajriyati Dwi Triana (duduk membawa poster) bersama petugas BNNK Kendal siap mendukung War on Drugs. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

MENJADI salah satu Desa Percontohan Program Desa/Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), seluruh jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, menjalani tes urine oleh enam petugas yang dipimpin Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal, Jawa Tengah, Jumat (5/11/2021).

Petugas BNNK Kendal melayani pendaftaran peserta tes urine dari perwakilan TP PKK Desa Kutoharjo. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Total sebanyak 25 personel menjalani tes urine. Meliputi delapan perangkat desa, tiga Linmas, tiga TP PKK, empat perwakilan RT, tiga perwakilan RW, dua karang taruna, dan dua personel Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD).

Kepala Desa (Kades) Kutoharjo Ivan Styawan mengatakan, keikutsertaan perangkatnya dalam tes urine ini sebagai bentuk kepeloporan bagi warga desanya dalam upaya mendukung pelaksanaan Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan perang melawan narkotika menuju Desa Bersinar.

Kepala Desa Kutoharjo Ivan Styawan membawa sampel urine untuk diperiksa petugas BNNK Kendal. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

War on Drugs yang berarti perang melawan narkotika menjadi tema Hari Antinarkotika Internasional (HANI) 2021. Jargon itu digaungkan BNN untuk satu tujuan Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar) di masa pandemi Covid-19.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Kendal Sapto Nugroho menjelaskan, tes urine merupakan upaya deteksi dini dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, utamanya bagi perangkat, lembaga, dan TP PKK Desa Kutoharjo.

Kasi Pemerintahan Desa Kutoharjo Totok Haryanto menyerahkan sampel urine kepada petugas BNNK Kendal. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Sangat luar biasa tentunya, karena tidak semua lembaga berani melakukan deteksi dini bagi perangkat maupun anggotanya. Hal ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,” kata Sapto Nugroho.

Enny Fajriyati Dwi Triana, kader antinarkoba TP PKK Desa Kutoharjo mengungkapkan, tes urine kali ini merupakan fasilitas gratis dari BNNK Kendal.

Enny Fajriyati Dwi Triana (paling kanan), kader antinarkoba TP PKK Desa Kutoharjo menyempatkan berswafoto bareng Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Kendal Sapto Nugroho. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Dia berharap, hasil dari tes urine terhadap 25 orang ini semuanya negatif, sehingga Kutoharjo benar-benar menjadi Desa Bersinar.

“Semoga juga bisa segera dibentuk Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), tempat rehabilitasi para pecandu narkorba sebagaimana desa tetangga, Krajankulon yang lebih dulu memilikinya,” ujarnya.

Kekompakan Pemerintah Desa Kutoharjo dan BNNK Kendal dalam upaya mendukung Program P4GN dan War on Drugs. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Meski sudah ada pemberitahuan resmi, kedatangan petugas BNNK Kendal ini sempat membuat sejumlah perangkat desa terkejut. Salah satunya Elysa Eka Praditasari, staf Pelayanan Desa Kutoharjo. Namun, akhirnya mereka tetap patuh menjalani tes dan menyerahkan sampel urine masing-masing.

Staf Pelayanan Desa Kutoharjo, Elysa Eka Praditasari mengaku sempat terkejut. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Program Desa/Kelurahan Bersinar bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya P4GN di Kabupaten Kendal. Saat ini telah ditetapkan 10 Desa Bersinar dan 20 Kelurahan Bersinar di Kabupaten Kendal.

Kepala BNNK Kendal Anna Setiyawati berharap, tahun ini semua desa bisa membentuk Program Desa Bersinar, karena sudah ada Instruksi Presiden.

Pemerintah Desa Kutoharjo siap perang melawan narkoba: War on Drugs. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Untuk itu, desa bisa menggunakan Dana Desa untuk membentuk Program Desa Bersinar, demi mewujudkan masyarakat Kendal bersih dari penyalahgunaan dan penyebaran narkoba.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *