Ngalap Berkah, Ustaz Ali Kembali Gelar Istighotsah

Melalui istighotsah maupun “Ngopi bareng Ustaz Ali” ini, Ustaz Ali berharap bisa semakin mensyiarkan amar makruf nahi munkar, sehingga Allah senantiasa melimpahkan keselamatan dan keberkahan bagi jemaah, juga seluruh muslimin dan muslimah.
Sejumlah jemaah perempuan mengikuti istighotsah di halaman depan kediaman Ustaz Ali, berlatar papan nama Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Jabal Nur. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

SETELAH absen selama kurang lebih dua tahun akibat deraan pandemi Covid-19, Kiai Haji (KH) Ali Nurudin atau akrab disapa Ustaz Ali kembali menggelar sekaligus memimpin istighotsah di kediamannya di Bukit Jabal, Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (29/10/2021) malam.

Selama ini, sejak jauh sebelum pandemi, istighotsah atau doa permohonan keselamatan kepada Allah secara berjemaah ini rutin digelar saban Jumat malam Sabtu Wage, setiap selapan atau 35 hari sekali.

Para jemaah pria duduk mengelilingi Ustaz Ali yang memimpin istighotsah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Meski merupakan gelaran pertama pasca-pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), istighotsah kali ini tetap mampu menjadi magnet bagi ratusan masyarakat atau jemaah dari seputar Kaliwungu, Kendal untuk mengikutinya.

Dimulai selepas Isya atau sekira pukul 19.30 hingga tuntas pukul 21.00, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, istighotsah berlangsung lancar dan khidmat.

Para santriwati Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Qur’an Jabal Nur turut menjadi jemaah istighotsah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Ratusan jemaah, baik santri dan masyarakat terlihat menyesaki ruang tamu dan halaman depan kediaman Ustaz Ali, hingga meluber ke jalanan depan dan sekitar Masjid Jabal Nur, yang berdiri berdampingan dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Tahfidzul Qur’an Jabal Nur.

Mereka berbaur, bersungguh-sungguh mengikuti istighotsah dan mengaminkan panjatan doa keselamatan yang dipimpin Ustaz Ali. Masing-masing jemaah bisa menikmati semangkuk nasi gulai kambing dan sebungkus plastik teh hangat yang dibagikan, sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Ratusan piring dan mangkok nasi gulai kambing untuk menjamu jemaah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Ustaz Ali mengatakan, istighotsah rutin ini menggunakan zikir musabi’ah sebagaimana yang biasa diamalkan KH Ahmad Rukyat (Mbah Rukyat), Kaliwungu; sebelumnya dari KH Idris (Mbah Idris), Jamsaren, Solo; dan sebelumnya lagi dari KH Sholeh Darat (Mbah Soleh Darat), Semarang, hingga puncaknya merupakan ajaran Rasulullah Muhammad SAW.

Pengasuh Ponpes Putri Tahfidzul Qur’an Jabal Nur ini menjelaskan, ciri zikir musabi’ah adalah membaca serba tujuh kali, meliputi Surah Al-Fatihah serta Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan Surah An-Nas. Semuanya, masing-masing dibaca sebanyak 7 kali.

KH Ali Nurudin (Ustaz Ali) didampingi KH Sodikin dan seorang jemaah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Walaupun ada beberapa macam zikir untuk istighotsah, alasan Ustaz Ali menggunakan zikir musabi’ah tak lain karena ketakziman pada ajaran gurunya, KH Dimyati Rois yang juga biasa mengamalkan zikir istighotsah tersebut.

Usai istighotsah, Ustaz Ali melanjutkan kegiatan produksi “Ngopi bareng Ustaz Ali,” sub-konten video untuk hadir rutin di kanal YouTube obyektif, yang merupakan link media obyektif.id.

Jemaah istighotsah yang meluber hingga di jalanan depan kediaman Ustaz Ali dan Masjid Jabal Nur. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Ngopi” merupakan akronim dari “Ngaji-Olah Pikir” atau selengkapnya menjadi “Ngaji-Olah Pikir bareng Ustaz Ali” alias “Ngopi bareng Ustaz Ali.”

Sub-konten video ini berisi tausiyah ringan, membahas tentang berbagai hal, mulai kehidupan, ilmu pengetahuan, alam, sosial, seni, budaya, teknologi, hingga ketuhanan yang didasarkan pada kajian agama. “Ulama Berpancasila” dipilih menjadi tema atau judul untuk tayangan perdana.

Ustaz Ali saat produksi perdana “Ngopi bareng Ustaz Ali” bertema/judul “Ulama Berpancasila.” // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Dalam penggarapannya, karena hampir selalu di malam hari sambil ngopi atau minum kopi, maka sub-konten video ini disepakati ditajuki “Ngopi bareng Ustaz Ali.”

“Ngopi bareng Ustaz Ali” digagas spontan selepas gelaran acara tasyakuran #eksistensitanpasisi 1 Tahun obyektif.id di teras depan kediaman sekaligus Ponpes Putri Tahfidzul Qur’an Jabal Nur, Ahad (10/10/2021) lalu.

Tayangan perdana “Ngopi bareng Ustaz Ali” bertema/judul “Ulama Berpancasila” yang bisa disaksikan di kanal YouTube obyektif. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Melalui istighotsah maupun “Ngopi bareng Ustaz Ali” ini, Ustaz Ali berharap bisa semakin mensyiarkan amar makruf nahi munkar, sehingga Allah senantiasa melimpahkan keselamatan dan keberkahan bagi jemaah, juga seluruh muslimin dan muslimah.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *