Menangi Pilkades Antar-Waktu, Yuswan Maulana Siap Jadikan Mejasem Barat Lebih Maju

“Saya akan melanjutkan program pembangunan yang telah diprogramkan oleh Kades Sugito (almarhum) dan sekaligus siap melakukan inovasi atau terobosan untuk kemajuan Desa Mejasem Barat,” kata Yuswan, yang pernah duduk sebagai anggota legislatif Kabupaten Tegal.
Kepala Desa Antar-Waktu Mejasem Barat Yuswan Maulana (duduk ketiga kanan) dan istri bersama Forkopimcam Kramat.

REPORTER: Nasichi | EDITOR: Dwi Roma | TEGAL | obyektif.id

DESA Mejasem, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal dulunya area persawahan. Pada awal 1980-an, setelah terjamah pembangunan Perumnas, Desa Mejasem dibagi menjadi dua wilayah, yakni Mejasem Barat dan Mejasem Timur.

Meski tergolong wilayah baru dibanding 19 desa lainnya di wilayah Kecamatan Kramat, kemajuan Desa Mejasem Barat terbilang luar biasa. Tak heran jika Mejasem Barat yang berpenduduk hampir 12 ribu jiwa dan hampir semuanya pendatang dari wilayah lain, kini berkatagori desa maju.

“Desa Mejasem Barat sudah masuk dalam katagori desa maju. Indikatornya, semua sudah memenuhi syarat, dari segi pendidikan sampai fasilitas yang lain,” kata Camat Kramat Tri Guntoro usai menyaksikan perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Mejasem Barat, Rabu (24/3/2021).

Salah seorang warga memasukkan kertas suara di Pilkades Antar-Waktu Mejasem Barat.

Pilkades Mejasem Barat adalah Pilkades Antar-Waktu untuk menggantikan Kades Mejasem Barat Sugito yang meninggal dunia. Sedangkan masa jabatan yang akan diemban pejabat baru nanti, masih tersisa sekitar dua setengah tahun

Setelah menjaring lima nama calon, Panitia Pilkades menyeleksi kembali menjadi tiga orang nama calon, yaitu Mahben Jalil, Yuswan Maulana, dan Purwantini.

Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Tegal, Pilkades Antar-Waktu hanya dipilih oleh perwakilan dari semua unsur dan para ketua RW. Adapun jumlah pemilih dewasa 55 orang, yang mewakili semua lapisan dan unsur masyarakat.

Camat Kramat Tri Guntoro.

Setelah melalui pemilihan dengan cara pencoblosan secara demokratis, Yuswan Maulana berhasil mengumpulkan 36 suara, Mahben dua suara, dan Purwantini 15 suara.

Dari 55 orang pemilih, ada satu yang tidak hadir karena sakit. Usai penghitungan suara, akhirnya panitia menetapkan Yuswan Maulana, pria kelahiran Tegal, 21 April 1971 sebagai calon kades terpilih yang nantinya akan diajukan ke Bupati untuk dilantik menjadi Kepala Desa Mejasem Barat.

Camat Kramat Tri Guntoro memberikan apresiasi kepada panitia yang mengawal proses Pilkades sampai tuntas dengan lancar dan kondusif.

“Ini merupakan wujud kesadaran berdemokrasi yang tinggi dari warga Mejaserm Barat, sehingga dari awal sampai akhir berjalan dengan kondusif dan rasa paseduluran tetap terjaga,” ujar Tri Guntoro.

Kepala Desa Antar-Waktu Mejasem Barat Yuswan Maulana rayakan kemenangan, diiringi musik rebana dari para pendukungnya.

Didampingi istrinya, Yuswan Maulana dalam sambutan kemenangannya menyampaikan terima kasih kepada semua pendukung, termasuk Panitia Pilkades.

“Saya akan melanjutkan program pembangunan yang telah diprogramkan oleh Kades Sugito (almarhum) dan sekaligus siap melakukan inovasi atau terobosan untuk kemajuan Desa Mejasem Barat,” kata Yuswan, yang pernah duduk sebagai anggota legislatif Kabupaten Tegal.

Selepas foto bersama anggota Forkopimcam, Yuswan langsung pulang ke rumahnya di Jalan Pala 27, Mejasem Barat dengan jalan kaki diiringi musik rebana oleh para pendukungnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *