Perkuat Sinergitas, Dandim Undang Pemuda Pancasila “Coffee Morning”

“Dalam suasana pandemi Covid-19, kita harus keluar dari keterpurukan ini. Atribut loreng yang kita kenakan ini terkandung maksud punya rasa tanggung jawab mempertahankan NKRI,” papar Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar.

REPORTER: Nasichi | EDITOR: Dwi Roma | TEGAL | obyektif.id

KOMANDAN Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar memperkuat sinergitas dengan mengundang Pemuda Pancasila (PP) Kota Tegal dan Kabupaten Tegal dalam kegiatan coffee morning.

Acara yang dikemas dalam bentuk silaturahmi dan diskusi ini digelar di Indoor Lapangan Tenis Kodim 0712/Tegal, Selasa (2/2/2021).

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar mengatakan, peran pemuda sangatlah penting. Untuk itu, setiap organisasi kepemudaan tetap menjaga keharmonisan yang selama ini sudah terjalin.

 “Suasana acara seperti ini jarang kita dapati. Kita memunyai persepsi yang sama dalam satu visi-misi menjaga NKRI dalam bingkai Pancasila dan UUD 1945,” tuturnya.

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar.

Menurutnya, TNI dan Polri adalah komponen utama, dan Pemuda Pancasila yang hadir di acara ini sebagai komponen cadangan.

Bahwa apabila dalam kondisi perang, tatkala ada negara lain yang akan menginvasi negara kita, maka TNI adalah garda terdepan menghalau serangan darat, laut, maupun udara, dan komponen cadangan akan membantu perjuangan dalam suasana perang.

 “Sejengkal tanah pun tidak boleh kita biarkan diambil oleh negara lain. Namun ancaman penjajahan ekonomi sekarang sedang kita rasakan. Ancaman ini harus dihadapi, kita bisa saja dijajah,” tegas Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar.

Dandim menegaskan bahwa TNI-Polri hadir bersama, menyamakan persepsi dan pendapat.

“Dalam suasana pandemi Covid-19, kita harus keluar dari keterpurukan ini. Atribut loreng yang kita kenakan ini terkandung maksud punya rasa tanggung jawab mempertahankan NKRI,” paparnya.

Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar mengungkapkan, potensi di Kota maupun Kabupaten Tegal harus didukung. Menurutnya, banyak tokoh di Kabupatan Tegal, salah satunya adalah mantan Pangkostrad Letjen Purn Agus Kriswanto.

Berbuat Terbaik

Melalui forum ini, Dandim Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar mengajak semua komponen untuk berbuat yang terbaik bagi Tegal tercinta.   

“Di mana kaki menginjak, di situ tanah dijunjung. Kami tidak sekadar lewat, bukan karena jabatan, tapi ingin berkesempatan memajukan Tegal,” tandasnya.

Program menjaga keamanan dan ketertiban, diilustrasikan seperti ikut asuransi pendidikan. Kita akan merasakan manfaat asuransi tersebut manakala anak-anak kita dapat menempuh pendidikan, atau mengelola keamanan seolah-olah tidak kelihatan tapi nyata.

“Keselamatan adalah hukum tertinggi. Mari kita pahamkan kepada masyarakat, organisasi Pemuda Pancasila memberikan kontribusi untuk Kota dan Kabupaten Tegal,” ujarnya.

Dandim mengungkapkan, saat ini TNI-Polri sedang giat membagikan masker, juga menyambangi rumah ibadah untuk mengajak doa bersama.

“Kami punya keterbatasan, pasti harus didukung oleh komponen cadangan. Kami juga menyosialisasikan protokol kesehatan. Pemahaman masyarakat inilah yang paling sulit, di tengah pandemi yang semakin meningkat. Mari bersama-sama berbuat. Kapan lagi kalau bukan sekarang. Mari mengambil bagian untuk menyelamatkan Kota dan Kabupaten Tegal,” ucapnya.

Dandim Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar berharap, anggota Pemuda Pancasila yang hadir bisa membantu salah satu program utama untuk menghilangkan pandemi Covid-19 yang berada di wilayah Tegal.

“Mari bersama-sama merapatkan barisan untuk menyadarkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, dengan menerapkan 5M: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Aziz, Kapolresta Tegal AKBP Rita Wulandari Wibowo, Palakhar Kasdim 0712/Tegal Kapten Arh Asep Koswara, Kapolres Tegal diwakili Kabag Ops Polres Tegal Kompol Aries, Pasi Intel Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Radiyono, dan Dansatradar 214 Tegal diwakili Kasikom Pernika Kapten B.E.E. Sihombing.

Kemudian, Kapolsek Dukuhturi diwakili Iptu Purbo Waseso, Danramil jajaran Kodim 0712/Tegal, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Tegal diwakili Sekretaris MPC PP Kota Tegal H Ahmad Firdaus, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Tegal M Khuzaeni, Ketua MPO Pemuda Pancasila Kota Tegal diwakili Fatah, dan Ketua MPO Pemuda Pancasila Kabupaten Tegal.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *