Nastiti Prihandini Dwi Jayanti, Jiwai Bolavoli dan Nyanyi

“Apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku, tidak akan pernah melewatkanku.” – Umar Bin Khattab
Nastiti Prihandini Dwi Jayanti (tengah) bareng rekan se-Klub Bolavoli Tunas Magelang. || KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi Roma | MAGELANG | obyektif.id

SUNGGUH, quotes Umar Bin Khattab itu lekat sebagai motto hidup yang digenggam erat Nastiti Prihandini Dwi Jayanti dalam menapaki hari-harinya. Tak heran jika setiap langkah yang diayun siswi Kelas XII-IPS3 SMA Negeri 2 Kota Magelang ini selalu dilandasi dengan keyakinan sekaligus keikhlasan.

Termasuk, ketika terkini dia menoreh prestasi sebagai Juara II Menyanyi Milad SMA Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang tingkat SMA Sederajat 2021, 15 Januari yang baru lalu.

“Aku memang suka nyanyi, karena itu memang salah satu hobiku. Tapi ikut ajang lomba nyanyi itu, aku samasekali nggak pernah nyangka bakal jadi juara,” ujar Asti, sapaan karib Nastiti Prihandini Dwi Jayanti, yang memang hobi nyanyi dan bolavoli.

Nastiti Prihandini Dwi Jayanti memboyong hadiah Juara II Menyanyi Milad SMA Mutual Kota Magelang. || KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Awalnya, Asti lihat brosur Milad 45 SMA Mutual Kota Magelang dari story WhatsApp (WA) kakak kelasnya yang sekolah di sana.

“Aku sempat nawarin ke temanku, supaya aku nggak sendirian gitu, karena masih malu-malu. Tapi karena temanku nggak mau, jadi aku daftar sendiri aja,” ungkap Asti, menceritakan perjalanan di lomba nyanyi yang digelar secara online, dengan periode pengiriman materi sepanjang 15 Desember 2020-10 Januari 2021, dan pengumuman 11 Januari 2021 itu.

Somewhere Over the Rainbow

Panitia mewajibkan peserta menyanyikan lagu Ibu Pertiwi dan satu lagu bebas. Di pilihan lagu bebas, Asti memutuskan menyanyikan nomor Somewhere Over the Rainbow-nya Ariana Grande.

“Aku langsung videokan hari itu juga dan sekaligus posting di IG TV,” cetus pemilik akun Instagram @astinast_ ini.

Nastiti Prihandini Dwi Jayanti. || KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Nah, tiba hari pengumuman, 11 Januari 2021, nama Asti tertera sebagai Juara II. Selanjutnya, Jumat (15/1/2021) dia diundang untuk pengambilan hadiahnya.

Bener-bener nggak nyangka. Alhamdulillah, bersyukur aja. Yang jelas, aku suka banget saat menyanyikan Somewhere Over the Rainbow. Liriknya dalem dan menyentuh banget,” beber gadis berpostur 156 cm/50 kg yang doyan makan nasi goreng dan minum teh hangat ini.

Sebelum dipopulerkan kembali oleh Ariana Grande, Somewhere Over the Rainbow kali pertama dibawakan Judy Garland untuk theme song film lawas The Wizard of Oz.

Nastiti Prihandini Dwi Jayanti bareng sang ayah, Sugeng Riyanto. || KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Juara II lomba nyanyi gelaran SMA Mutual Kota Magelang itu bukanlah satu-satunya prestasi Asti. Sebelumnya, berderet prestasi berhasil dikoleksi gadis manis kelahiran Magelang, 8 September 2002 ini.

Catat, di antaranya Juara II Lomba Bolavoli Gala Desa tingkat Kota Magelang 2019, Juara III Bolavoli Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Karesidenan Kedu 2017, dan Juara I Lomba Cipta Puisi tingkat SMP Sederajat 2017.

Meski lebih banyak di bidang bolavoli, termasuk menyanyi dan cipta puisi, Asti sebenarnya juga sempat mengemas prestasi sebagai Juara II Lomba Menggambar.

Selalu Ada Cara

Kini, pandemi Covid-19 boleh jadi telah membatasi kiprah Asti. Tapi, selalu ada cara bagi bungsu dari dua bersaudara pasangan Sugeng Riyanto-Sri Budi Rejeki ini untuk menyiasati dan memanfaatkan waktu yang dia miliki.

Nastiti Prihandini Dwi Jayanti. || KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Selama pandemi, kegiatan sehari-hariku ya di rumah. Paling-paling sibuk kelas online. Tapi aku juga tetap latihan voli, karena aku ikut Klub Bolavoli Tunas Magelang,” ungkap atlet bolavoli yang berposisi sebagai defender atau libero ini.

Bolavoli sudah menjadi jiwa Asti. Baginya, tiada hari tanpa bolavoli. Karena olahraga bolavoli sudah digetoli Asti sedari Kelas VII di SMP Negeri 2 Secang, sebelum akhirnya dia gabung di Klub Bolavoli Tunas Magelang, Maret 2019 lalu.

Tapi nyanyi juga tak kalah berarti bagi gadis pengidola Nadin Amizah, penyanyi indie era milenial ini.

Nastiti Prihandini Dwi Jayanti usai latihan bareng keluarga besar Klub Bolavoli Tunas Magelang. || KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Apa pun, menjadi atlet bolavoli dan penyanyi profesional adalah cita-cita Asti. Namun, baginya, membanggakan dan membahagiakan kedua orangtua menjadi salah satu obsesi yang juga mesti bisa direalisasi.

“Tanpa doa dan dukungan orangtua, nggak mungkin aku bisa seperti sekarang ini,” kata dara multitalenta yang tinggal di Kampung Krajan, RT 09/RW 05, Desa Pirikan, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *