Keren! Ibu-ibu Bikin Bunga Hias dari Sabun Batangan

Membuat berbagai bunga hias dari sabun mandi batangan, ternyata memiliki keunikan tersendiri. Meski kalah bersaing dengan bunga kertas atau plastik, keharuman bunga sabun menjadi nilai lebih pada daya tarik estetika sebagai pengharum ruangan. Bisnis rumahan ini ditekuni kaum ibu di Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung.

REPORTER: Budhy HP | EDITOR: Dwi Roma

Bunga-bunga hias dari sabun batangan yang cantik dan harum, hasil kreasi ibu-ibu Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. // KLIK gambar untuk menonton VIDEO-nya!

KERAJINAN tangan atau handycraft bunga sabun merupakan salah satu jenis kerajinan yang menggunakan sabun batangan (sabun padat) sebagai bahan dasarnya.

Meski saat ini banyak digemari ibu-ibu sebatas sebagai pengisi waktu luang dan menyalurkan bakat keterampilan tangan, bukan tidak mungkin jika dikelola dengan baik bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang tak boleh disepelekan.

Semula Iseng

Sebut saja ibu-ibu di Desa Pingit, semula hanya iseng membuat hiasan dari sabun. Pertama yang dilakukan adalah memarut sabun batangan, kemudian mencampur dengan tepung maizena, dan melumatnya dengan baby oil hingga kalis dan lembut teksturnya.

Setelah dibentuk menjadi mahkota bunga dan dirangkai dengan daun dan tangkai, ternyata memancarkan keindahan yang khas serta bau harum menyegarkan ruangan.

Mulai dari situlah ibu-ibu pada pertemuan PKK mengembangkan model dan kreasinya, membuat berbagai jenis hiasan bunga sabun.

Sabun padat dipilih sebagai bahan utama kerajinan ini karena beberapa pertimbangan. Di antaranya sifatnya yang mudah dibentuk, memunyai aroma wangi yang tahan lama, serta mudah diperoleh dengan harga terjangkau.

Bunga sabun karya ibu-ibu warga Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung ini dijual mulai Rp 25.000 hingga Rp 50.000 harga di tempat. // KLIK gambar untuk menonton VIDEO-nya!

Penghias-Pengharum

Pada dasarnya, fungsi dan manfaat bunga sabun adalah sebagai penghias dan pengharum ruangan. Selain itu juga memungkinkan sebagai buah tangan ketika sanak famili datang dari jauh agar memiliki kenangan.

Membuat bunga sabun hampir tanpa kesulitan, karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Yang terpenting adalah ketelatenan dan daya kreasi untuk membentuk kelopak bunga, bahkan membuat payung jamur dengan memilih warna-warni sabun agar warna jamurnya menjadi lebih mengesankan.

Jika bunga sabun memiliki kelebihan pada keindahan dan keharumannya, maka kelemahan tentu ada, yaitu tidak bisa di-packing untuk pengiriman menggunakan jasa pengiriman. Hal ini disebabkan, karena bunga sabun mudah rusak jika kena goncangan. Selain itu, perlu hati-hati. Jangan sampai kena air, karena bakal cepat rusak, bunga sabun akan hancur atau mencair.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *