Festival Kota Lama Semarang 2022 Kembali Digelar

Ketua Panitia FKL Semarang 2022, Agus Suryono menyampaikan tujuan digelarnya Festival Kota Lama ini guna melestarikan Kota Lama Semarang sebagai kawasan cagar budaya yang kokoh, menarik dan hidup hingga seterusnya. 
Penampilan Paulus Surya Orchestra di Opening Ceremony Festival Kota Lama Semarang 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Omegantoro | SEMARANG | obyektif.id

SETELAH dua tahun sebelumnya absen tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka karena pandemi, kali ini Festival Kota Lama (FKL) Semarang 2022 kembali digelar secara langsung.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Halaman Laroka, kawasan Kota Lama Semarang, Kamis (15/9/2022) ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Direktur Event Daerah Kemenparecraft Reza Fahlevi. Kegiatan Opening Ceremony FKL Semarang 2022 ini juga disiarkan secara live di kanal YouTube.

Rangkaian kegiatan Opening Ceremony FKL Semarang 2022 dihibur oleh penampilan Surya Orchestra, Fashion Show 4 Etnik dari Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo dan wayang on the street.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Ganjar mengatakan Festival Kota Lama akan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Lama. Seluruh seniman bisa dilibatkan untuk tampil dan ekonomi pun bergerak.

“Sehingga orang yang pengin piknik ke kota lama tidak hanya menunggu festival kota lama. Tapi ini bisa menjadi acara rutin, yang barangkali nggak hanya sisi seninya bisa ditampilkan tapi ekonominya akan bisa bergerak ya,” kata Ganjar.

“Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari kebangkitan dan kreativitas para musisi seniman semuanya bisa kumpul lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia FKL Semarang 2022, Agus Suryono menyampaikan tujuan digelarnya Festival Kota Lama ini guna melestarikan Kota Lama Semarang sebagai kawasan cagar budaya yang kokoh, menarik dan hidup hingga seterusnya. 

“Festival Kota Lama nanti adalah untuk menghidupkan Kota Lama. Karena Kota Lama ini, selama pandemi kan seperti monumen yang mati,” katanya.

“Kita angkat budaya dan kearifan lokal yang selama ini turut menjadi bagian dan menghidupkan Kota Lama Semarang,” lanjutnya.

Mengusung tema “Heritage Reborn”, FKL Semarang 2022 akan dilaksanakan selama 10 hari, yakni dari tanggal 15-25 September.

Beberapa rangkaian acara FKL Semarang 2022 diantaranya dialog nasional pelestarian cagar budaya, selain itu ada juga Pasar Sentiling yang berlokasi di area Metro Poin.

Pertunjukan wayang orang Ngesti Pandowo di Opening Ceremony Festival Kota Lama Semarang 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Acara menarik lainnya yang dipersiapkan adalah pameran produk unggulan UMKM di Gedung Weesmaker pada 15-19 September.

Selain itu, Festival Kota Lama juga akan menyuguhkan acara musik Soegijazz pada 18 September.

Sedangkan untuk tanggal 23-25 September juga akan ada Nyiur Pagelaran Nusantara dengan menghadirkan karya-karya desainer.

Sebagai penutup, rangkaian acara terakhir pada tanggal 25 September akan diisi oleh Flashmob Orchestra dan Tarian di Rumah Akar. ***

One thought on “Festival Kota Lama Semarang 2022 Kembali Digelar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *