Angkringan Digital Dorong Pembayaran Praktis Gunakan QRIS

Semangat terlihat dari gerai makanan, minuman, serta produk UMKM yang tersebar di Kawasan Sam Poo Kong, yang hanya menerima pembayaran secara nontunai menggunakan QRIS.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sumarno.

REPORTER: Omegantoro | EDITOR: Dwi Roma | SEMARANG | obyektif.id

DEMI memperkenalkan teknologi Quick Response Indonesia Standard (QRIS) serta sistem ekonomi digital di Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Angkringan Digital 2022 di Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Jawa Tengah, Ahad (3/7/2022).

Acara dimeriahkan dengan kegiatan Fun Run 5K, yang diikuti lebih dari 1.000 pelari. Start dari Kantor BI Jateng melewati sejumlah ruas jalan utama, Tugu Muda, hingga finish di Kelenteng Sam Poo Kong.

Peserta lari Fun Run 5K mencapai garis finish yang dipenuhi busa di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Rahmat Dwisaputra menyampaikan, Angkringan Digital 2022 bertujuan mengakselerasi digitalisasi dan membiasakan masyarakat untuk menggunakan pembayaran nontunai, di antaranya dengan QRIS, sesuai dengan target Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

“Dalam BSPI 2025, Bank Indonesia akan membawa 91,3 juta penduduk unbanked dan 62,9 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ke dalam ekonomi dan keuangan formal dan berkelanjutan (sustainable) melalui pemanfaatan digitalisasi,” jelas Rahmat.

Peserta lari Fun Run 5K belepotan busa usai melewati garis finish.

Semangat tersebut terlihat dari gerai makanan, minuman, serta produk UMKM yang tersebar di Kawasan Sam Poo Kong, yang hanya menerima pembayaran secara nontunai menggunakan QRIS.

Pelaksanaan Angkringan Digital 2022 juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-69 Bank Indonesia, yang mengusung tema “Mendorong Talenta Bank Indonesia menjadi Insan Bank Sentral Digital Masa Depan yang Kredibel untuk Menjaga Stabilitas dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi menuju Indonesia Maju”.

Aksi HIVI, grup asal Jakarta memeriahkan acara Angkringan Digital 2022.

“Selain itu, Angkringan Digital yang digelar di Kota Semarang ini juga menjadi salah satu pre-event dari rangkaian Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 pada tahun ini,” ujarnya.

Suguhan musik Soegi Bornean, kelompok musik asal Semarang dan bintang tamu HIVI turut menghibur peserta dan pengunjung Angkringan Digital 2022.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *