SMP Negeri 3 Patebon Siap Menjadi yang Terbaik

Sekolah berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Kendal yang berdiri pada 5 Oktober 1994 silam ini mulai gencar menggaungkan “SMPN 3 Patebon Siap Menjadi yang Terbaik” sebagai tagline baru, menggantikan slogan selama ini: “Spega Idolaku.”
Plt Kepala SMPN 3 Patebon Nunuk Sri Harjanti bersama tiga siswa: “SMP Negeri 3 Patebon Siap Menjadi yang Terbaik.” // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

MEMBERDAYAKAN sumber daya manusia (SDM) muda yang gesit dan mampu bergerak cepat, SMP Negeri 3 Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah terbilang sukses melaju, semakin melesat dengan rentetan reputasi dan prestasi hebat.

Meski selama ini sudah dikenal sebagai sekolah favorit, keberhasilan ini tidak lepas dari sinergitas dan soliditas yang dibangun Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMPN 3 Patebon Nunuk Sri Harjanti.

Plt Kepala SMP Negeri 3 Patebon Nunuk Sri Harjanti. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Menjelang hari jadinya ke-27, 5 Oktober 2021 mendatang, SMPN 3 Patebon menunjukkan gairah berbenah.

Saat ini, SMPN 3 Patebon tercatat memiliki 24 ruang kelas (kelas I-III, masing-masing 8 kelas), dengan jumlah 735 peserta didik serta 48 guru dan 10 karyawan.

Kesibukan di Ruang Guru SMP Negeri 3 Patebon. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Sekolah ini memiliki Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha (TU), Ruang OSIS, Ruang Security, Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), 3 Ruang Lab Komputer, dan 2 Musala. Semuanya dilengkapi dengan 35 kamera pengawas (CCTV) yang aktif 24 jam.

Ada cerita menarik selama proses pembangunan musala yang kedua. Musala baru ini menelan biaya sekira Rp 500 juta, dengan anggaran yang berasal dari pengumpulan hasil jimpitan peserta didik Rp 1.000 per minggu per siswa serta sumbangan sukarela guru.

Ruang Lab Komputer SMP Negeri 3 Patebon. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Ketika di akhir pembangunan, daun pintu dan jendela belum terpasang. Padahal, untuk itu, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 12 juta. Nunuk akhirnya mengumumkan “kebutuhan” tersebut melalui grup WhatsApp (WA) guru.

Alhamdulillah, dalam sepekan saja langsung terkumpul Rp 14 jutaan, atau lebih dari yang dibutuhkan,” ungkap Nunuk Sri Harjanti di ruang kerjanya, di tengah kesibukan gelaran kegiatan vaksinasi dosis pertama bagi 200 siswa-siswinya, Sabtu (11/9/2021).

Lapangan olahraga di tengah halaman hijau nan luas, dengan dua bangunan musala milik SMP Negeri 3 Patebon. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Sejak Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala SMPN 3 Patebon, Rabu (30/9/2020) silam, Nunuk Sri Harjanti seolah ingin langsung bergerak cepat. Hampir seluruh infrastruktur dan sarana-prasarana tak luput dari oprekan. Selain halaman, tampilan bangunan semuanya “dihijaukan” alias dicat dengan warna hijau segar.

Setelah membubarkan, tanpa canggung, Nunuk merombak ulang total “parlemen”-nya. Hasilnya, mulai Juli 2021, Wakil Kepala Kurikulum (Waka) ditempati Tri Handayani, Waka Kesiswaan Ana Rahmawatiningsih, serta Waka Sarana Prasarana dan Humas Joko Winardi.

Papan Visi-Misi SMP Negeri 3 Patebon. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Nama-nama itu, menurut Nunuk, paling tepat di posisinya sekarang. Waka Kesiswaan Ana Rahmawatiningsih, misalnya, merupakan guru berprestasi yang kerap tampil menjadi pembicara di seminar-seminar nasional.

Sedangkan Waka Sarana Prasarana dan Humas Joko Winardi adalah sosok yang gesit, “entengan,” dan berani.

Wakil Kepala Sarana Prasarana dan Humas SMP Negeri 3 Patebon Joko Winardi. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Nunuk menegaskan, semua harus linier dan tertata. Dan selepas semua itu, sekolah berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Kendal yang berdiri pada 5 Oktober 1994 silam ini pun mulai gencar menggaungkan “SMPN 3 Patebon Siap Menjadi yang Terbaik” sebagai tagline baru, menggantikan slogan selama ini: “Spega Idolaku.”

Prestasi Internasional

Sejak kehadiran wanita enerjik kelahiran Gowa, Sulawesi Selatan, 11 Juli 1964 ini, setidaknya ada 15 prestasi yang berhasil dikoleksi SMPN 3 Patebon selama periode 1 Oktober 2020 hingga sekarang.

Tulisan-tulisan motivatif terpampang di sepanjang koridor SMP Negeri 3 Patebon. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Tak hanya prestasi di tingkat Kabupaten Kendal, namun juga di lingkup nasional maupun yang berskala internasional.

Sebut saja, Juara I Taekwondo (Medali Emas) Poomsae Individual Cadet Male Indonesia Changmoon Kwan 2020 di Yogyakarta, atas nama Muhammad Azzam Sajidan.

Plt Kepala SMPN 3 Patebon Nunuk Sri Harjanti bersama tiga siswi: “SMP Negeri 3 Patebon Siap Menjadi yang Terbaik.” // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Memasuki 2021, Muhammad Azzam Sajidan kembali meraih Medali Emas untuk Juara I Taekwondo Poomsae Individual Cadet Male Indonesia Youth-Student Action 2021 di Jakarta dan Juara I Poomsae Individual Cadet Male Indonesia Biho Championship 2021 di Medan. Sedangkan Juara II ditempati Muhammad Arbyansyah, dengan raihan Medali Perak.

Kemudian, Juni 2021, Tim Film SMPN 3 Patebon ditetapkan sebagai Juara I Lomba Film Pendek Edukasi Kabupaten Kendal, melalui karya berjudul “Iswari dan Jayanti.”

Serba hijau segar dan bersih di SMP Negeri 3 Patebon. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Di bulan yang sama, Alviana Chairunnisa dinobatkan sebagai Juara I Lomba Pidato Hari Lahir Pancasila kategori Pelajar Tingkat Kabupaten Kendal.

Bulan berikutnya, empat siswa: Agista Rizki Al Halimah, Aida Najihah N, Nur Alimatul Fikriyah, dan Sasmeta Feny Zahra berhasil menjadi Finalis Lomba Poster Digital Tingkat Nasional.

Plt Kepala SMPN 3 Patebon Nunuk Sri Harjanti menunjukkan selokan yang siap disulap menjadi kolam mengalir budidaya ikan gurami, nila, dan sejenisnya untuk warga sekolah. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Agustus, Aida Najihah N meraih gelar Juara III FLS2N kategori Solo Vocal Tingkat Kabupaten Kendal dan Melani Wiji Ningtyas juga menjadi Juara III Kompetisi Fashion Show Tingkat Kabupaten Kendal.

Masih di Bulan Kemerdekaan, Agustus, ada raihan gelar Juara I Taekwondo International Poomsae Individual Cadet Male atas nama Muhammad Azzam Sajidan serta Juara II Taekwondo International Poomsae Individual Cadet Male atas nama Kurnia Pamungkas.

Taman hijau dilengkapi dengan dua kolam ikan di halaman depan SMP Negeri 3 Patebon. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Taekwondoin Muhammad Azzam Sajidan tampaknya tak pernah berhenti mengukir prestasi. Di bulan September, dia kembali berkalung Medali Emas berkat raihan gelar Juara I Poomsae Individual Cadet Male Gorontalo International Virtual Taekwondo Championship 2021.

Disusul Muhammad Arbyansyah sebagai Juara II Taekwondo International Poomsae Individual Cadet Male.

SMP Negeri 3 Patebon memberikan kenyamanan bagi peserta didik dan siapapun yang berada di dalamnya. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Torehan prestasi selama September, digenapi dengan gelar Juara I Kompetisi TikTok “Kendal Merdeka Handal” oleh Tim SMPN 3 Patebon.

Terakhir, Juara I Stand Up Comedy Kabupaten Kendal “Menjaga Kewarasan di Era Pandemi” atas nama Arum Uryani.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *