200 Siswa-Siswi SMP Negeri 3 Patebon Ikuti Vaksinasi

“Setelah gelombang pertama ini, kami akan terus melanjutkan vaksinasi sampai seluruh peserta didik tervaksin. Untuk vaksinasi gelombang kedua dan seterusnya, kami agendakan Oktober atau menunggu ketersediaan vaksin,” ujar Plt Kepala SMPN 3 Patebon Nunuk Sri Harjanti.
Kegiatan Vaksinasi Siswa SMP Negeri 3 Patebon. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

BERSIAP untuk pembelajaran tatap muka (PTM) tahun pelajaran 2021/2022, SMP Negeri 3 Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi 200 peserta didik setempat, Sabtu (11/9/2021), mulai pukul 08.00 hingga selesai. Vaksinasi dosis pertama ini khusus menyasar siswa-siswi kelas IX.

Plt Kepala SMP Negeri 3 Patebon Nunuk Sri Harjanti. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Untuk vaksinasi gelombang pertama ini, kami mendapat kuota 200 dosis vaksin Sinovac, khusus bagi anak kelas IX,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMPN 3 Patebon Nunuk Sri Harjanti di sela kegiatan vaksinasi.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Patebon II memeriksa tekanan darah siswi peserta vaksinasi. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Nunuk menjelaskan, dari seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 228 anak, tercatat 65 siswa sudah mengikuti vaksinasi di luar. Jadi, hanya 163 siswa yang mengikuti vaksinasi kali ini, sisanya sebanyak 37 anak diambil dari kelas VIII, utamanya para pengurus OSIS yang turut membantu dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini.

dr Nining Kadarsih, petugas kesehatan dari Puskesmas Patebon II. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, vaksinasi yang digelar di Aula SMPN 3 Patebon menggandeng Puskesmas Patebon II, dengan pendampingan Satgas Covid-19 serta petugas dari Polsek dan Koramil Patebon. Hadir pula perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Patebon II memeriksa suhu tubuh siswa peserta vaksinasi, menggunakan thermogun. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Menurut Nunuk, vaksinasi ini untuk memberikan perlindungan kepada peserta didik agar lebih siap, aman dan nyaman saat PTM nanti.

“Setelah gelombang pertama ini, kami akan terus melanjutkan vaksinasi sampai seluruh peserta didik tervaksin. Untuk vaksinasi gelombang kedua dan seterusnya, kami agendakan Oktober atau menunggu ketersediaan vaksin,” ujar Nunuk.

Bhabinkamtibmas Polsek Patebon, Bripka Aris Widodo. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini, Puskesmas Patebon II memboyong 9 petugas kesehatan, meliputi 4 petugas observasi, 3 skrining, dan 2 vaksinator.

Bhabinkamtibmas Polsek Patebon, Aipda Sumarni. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Kami bersyukur, sepanjang tahapan vaksinasi, semuanya berjalan lancar. Namun dalam pemeriksaan, kami mencatat 7 anak reaktif ke arah Covid-19, yang akhirnya gagal divaksin,” ungkap dr Nining Kadarsih, mewakili Kepala Puskesmas Patebon II Subari.

Kelancaran dan keamanan sepanjang pelaksanaan vaksinasi, tidak terlepas dari kesigapan pendampingan Satgas Covid-19, serta petugas Koramil dan Polsek Patebon.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Patebon II mengedukasi seputar tahapan vaksinasi kepada siswa-siswi. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Kapolsek Patebon AKP Miyardi menerjunkan dua personel Bhabinkamtibmas, Bripka Aris Widodo dan Aipda Sumarni untuk melakukan pendampingan dan pemantauan secara langsung pelaksanaan vaksinasi, utamanya terkait disiplin prokes maupun waktu yang ditetapkan.

Sepanjang pelaksanaan vaksinasi, antusiasme siswa-siswi peserta juga terlihat sangat tinggi.

Ajeng Khoirotin Nikmah dan Winda Marliantina, dua siswi usai divaksinasi. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Ajeng Khoirotin Nikmah, siswi kelas VIII-A peserta vaksinasi, mengaku senang dan tak mengeluhkan apa-apa setelah disuntik vaksin.

Ungkapaan senada juga disampaikan Winda Marliantina, siswi kelas IX-F dan Muhammad Fakhry Aditya, siswa kelas VIII-G, yang sama-sama mengaku tak merasakan sakit saat pangkal lengan kirinya ditembus jarum suntik petugas vaksinator.*** 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *