Kejari Salatiga Musnahkan 96 Bal Rokok Ilegal dan 30 Unit HP

Selain rokok bercukai ilegal, Kejari juga memusnahkan sabu-sabu sebanyak 54.94 gram, tembakau gorila sebanyak 6.11 gram, ganja Aceh sebanyak 39.11 gram, obat daftar G sebanyak 5.794 butir, dan HP sarana kejahatan sebanyak 30 unit.
Puluhan bal rokok ilegal dimusnahkan dengan cara dibakar oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Salatiga di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, Selasa (9/7/2024). // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi NR | SALATIGA | obyektif.id

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Salatiga memusnahkan sekitar 96 bal rokok bercukai ilegal dan 30 unit handphone (HP) sarana kejahatan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (9/7/2024).

Rokok berbagai merk itu hasil penangkapan penyidik Bea Cukai Jateng-Semarang yang menyergap satu mobil melintas di Salatiga, awal bulan lalu.

Sebanyak 30 unit handphone (HP) sarana kejahatan dimusnahkan dengan cara dimartil. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Agus Widodo, penyidik Bea Cukai Jateng mengatakan, puluhan bal rokok ilegal itu diamankan berdasarkan laporan masyarakat. Total kerugian negara mencapai Rp 4 miliar.

“Kami menangkapnya di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum –red) Tingkir, Salatiga pada awal bulan lalu. Rokok-rokok ini diproduksi di Jawa Timur dan Kota Salatiga sebagai daerah pelintasan,” terang Agus.

Agus Widodo mengakui, penangkapan rokok ilegal ini adalah tangkapan terbesar tahun 2024 ini.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Salatiga Sukamto menambahkan, pemusnahan rokok ilegal ini memang kali pertama dilakukan di Salatiga.

Sedangkan, kendaraan mini bus roda empat yang menjadi sarana mengangkut rokok ilegal, disita oleh negara.

“Rokok-rokoknya kami musnahkan, mobilnya akan dirampas untuk negara. Jadi, karena tidak ada keberatan dari para pihak, akhirnya perkara itu inkrah,” tegas Sukamto.

Selain rokok bercukai ilegal, Kejari juga memusnahkan sabu-sabu sebanyak 54.94 gram, tembakau gorila sebanyak 6.11 gram, ganja Aceh sebanyak 39.11 gram, obat daftar G sebanyak 5.794 butir, dan HP sarana kejahatan sebanyak 30 unit. Total barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 1.072 jenis.

Kajari Salatiga Sukamto menandaskan, pemusnahan dilaksanakan terhadap seluruh barang bukti yang telah memunyai kekuatan hukum tetap.

Adapun seluruh barang bukti kejahatan yang dimusnahkan sebagian dibakar, dipotong dengan alat gerinda, serta diblender.

Terlihat para pejabat yang turut menyaksikan dan melaksanakan pemusnahan adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Wuri Pudjiastuti, Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, perwakilan Kodim 0714 Salatiga, Korem 073 Makutarama, dan pihak Bea Cukai Jateng.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *