Nguri-uri Budaya, ILMIBSI Gelar Parade Busana Adat

Parade busana adat adalah salah satu upaya pelestarian budaya yang dilakukan oleh ILMIBSI, dengan mengenalkan busana adat dari masing-masing daerah kampus se-Indonesia.
Parade busana adat di pembukaan Kongres Nasional ILMIBSI XIV di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

REPORTER: DW | EDITOR: Dwi Roma | SURABAYA | obyektif.id

BERUPAYA nguri-uri atau melestarikan budaya, Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra se-Indonesia (ILMIBSI) menghelat parade busana adat di pembukaan Kongres Nasional ILMIBSI XIV di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/6/2024).

Tak sebatas program kerja, Kongres Nasional ILMIBSI XIV yang dijadwalkan berlangsung 13-16 Juni 2024 ini juga sebagai kontribusi terhadap kajian budaya di Indonesia, yaitu dengan menghasilkan rekomendasi strategi kebudayaan.

Dalam parade busana, Dedek Wiradi yang merupakan perwakilan dari Universitas Negeri Padang (UNP) mengatakan, kongres ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa untuk merawat budaya.

“Melalui kongres ini, mahasiswa, khususnya mahasiswa ilmu budaya dan sastra se-Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kepeduliannya terhadap kondisi bangsa dan negara,” ujarnya.

Parade busana adat adalah salah satu upaya pelestarian budaya yang dilakukan oleh ILMIBSI, dengan mengenalkan busana adat dari masing-masing daerah kampus se-Indonesia.

Dedek Wiradi yang merupakan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP mengenakan busana adat Minangkabau, dengan tujuan agar adat Minangkabau lebih dikenal lagi di kancah nasional.

Pembukaan Kongres Nasional ILMIBSI XIV dihadiri oleh peserta dari kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Halu Oleo, Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan tuan rumah Universitas Negeri Surabaya (Unesa).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *