Cegah Kekerasan Seksual Anak, Tim PKM-RSH UNP Sosialisasi SAM.Kids

Pada aplikasi SAM.Kids terdapat permainan petualangan dan tebak gambar yang seru serta dapat meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai pencegahan kekerasan seksual.
Tim PKM-RSH 2024 Universitas Negeri Padang (UNP) saat menyosialisasikan penggunaan aplikasi SAM.Kids di hadapan siswa-siswi SD Islam Al-Azhar 32 Kota Padang.

REPORTER: Gina Silvia | EDITOR: Dwi Roma | PADANG | obyektif.id

TIM Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) 2024 Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi SAM.Kids karya Tim PKM-RSH UNP di SD Islam Al-Azhar 32 dan SD Negeri 04 Purus, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu-Kamis (12-13/6/2024) .

Aplikasi SAM.Kids merupakan karya dari Tim PKM-RSH UNP yang dikenal dengan SAM’S Fams, untuk mengampanyekan pencegahan kekerasan seksual pada anak.

Siswa-siswi SD Negeri 04 Purus, Kota Padang antusias mengikuti sosialisasi penggunaan aplikasi SAM.Kids untuk pencegahan kekerasan seksual, oleh Tim PKM-RSH 2024 Universitas Negeri Padang (UNP).

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan oleh lima mahasiswa UNP, yaitu Akrobi Imana, Fikra Wais Alkani, Gina Silvia, Selvi Afmailia, dan Ray Fadli Hadi yang didampingi Lailatur Rahmi SPd MPd di SD Islam Al-Azhar 32 Kota Padang, Rabu (12/6/2024) dan di SD Negeri 04 Purus, Kota Padang, Kamis (13/6/2024).

Kegiatan yang dihelat di SD Islam Al-Azhar 32 diikuti 140 siswa kelas II dan 60 peserta didik di SD Negeri 04 Purus, Kota Padang.

Pemberian edukasi kepada anak disampaikan secara menyenangkan melalui aplikasi SAM.Kids, dilengkapi materi pencegahan kekerasan seksual seperti pengenalan anggota tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain, tindakan perlindungan diri, tindakan keberanian jika dihadapkan pada pelaku kekerasan seksual, dan tindakan yang dilakukan jika menjadi korban kekerasan seksual.

Pada aplikasi SAM.Kids terdapat permainan petualangan dan tebak gambar yang seru serta dapat meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai pencegahan kekerasan seksual.

Ketua TIM PKM-RSH 2024 Akrobi Imana berharap, kehadiran aplikasi SAM.Kids dapat menjadi salah satu media terbaik untuk mencegah kekerasan seksual pada anak-anak.

Akrobi menjelaskan, pemilihan sasaran penelitian adalah anak usia 7-8 tahun atau kelas II SD, karena penyebab terbesar kekerasan seksual yang terjadi pada anak akibat kurangnya edukasi.

“Kami berharap peran orang tua untuk mengawasi dan mendampingi anak-anak dalam penggunaan aplikasi SAM.Kids di rumah, agar pencegahan kekerasan seksual pada anak dapat maksimal dilakukan,” tandas Akrobi Imana.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *