Saatnya PSIS Semarang Ukir Kemenangan

Laga kedua tim yang sama-sama masih terpuruk di klasemen bawah ini bakal berlangsung menarik. Duel panas ini tentunya juga akan membuktikan sebuah tagline “Jateng is Red” atau “Jateng is Blue”.
Laga terakhir saat PSIS Semarang dikalahkan Dewa United 2-1.

REPORTER: Herry Santoso | EDITOR: Dwi Roma | SOLO | obyektif.id

STADION Manahan Solo akan menggelar pertandingan pekan ke 8 BRI Liga 1 2022/2023 bertajuk Derby Jawa Tengah, Sabtu (3/9/2022), pukul 15.30. Bertindak selaku tuan rumah, Persis Solo bakal menjamu saudara mudanya, PSIS Semarang.

Duel panas ini tentunya akan membuktikan sebuah tagline “Jateng is Red” atau “Jateng is Blue”.

Duel terakhir kala Persis Solo dikandaskan Borneo FC 2-1.

Laga kedua tim yang sama-sama masih terpuruk di klasemen bawah ini bakal berlangsung menarik. PSIS Semarang yang saat ini masih unggul 1 poin atas Persis Solo, yang menempati peringkat 15 klasemen, tentunya akan membuktikan kualitas skuad mewahnya.

Bahkan, pertemuan terakhir dalam perhelatan penyisihan grup Piala Presiden 2022, duel kedua tim ini berlangsung menarik sampai pertandingan usai. Saat itu PSIS Semarang berhasil menundukkan Persis yang menjadi tuan rumah penyisihan grup dengan skor 2-1.

Absennya striker asing kedua tim juga menjadi kesamaan Derby Jateng nanti. Fernando Rodriguez yang terkena sanksi PSSI akan absen membela Persis Solo. Sementara di kubu PSIS Semarang masih belum bisa diperkuat Fortes, yang masih mengalami cedera.

Duel lini tengah antara Messidoro dan Cantilana juga patut ditunggu. Sebagai catatan, Messidoro saat ini mengemas 2 gol dan 2 assist selama 7 pekan BRI Liga 1 2022/2023. Pergerakan pemain berkebangsaan Argentina ini harusnya menjadi catatan untuk lini tengah maupun barisan lini belakang PSIS Semarang.

Sedangkan untuk lini depan Persis Solo, Samsul Arif kemungkinan akan menggantikan peran Rodriguez. Yang patut diwaspadai adalah pergerakan licin dan ulet Samsul Arif, yang harus menjadi catatan tersendiri bagi Dewangga ataupun Allie Sesay.

Dan tentunya duet lini belakang berpostur tinggi Jaimerson dan Fabiano dalam menghalau serangan ataupun naik saat terjadi set piece patut digarisbawahi.

Kelemahan PSIS Semarang dalam mengantisipasi set piece sampai pekan ke 7 harus sudah diperbaiki. Termasuk hilangnya konsentrasi ataupun transisi saat tim lawan mampu berhasil merebut bola untuk memberikan serangan balik, harus segera dibenahi.

Kerja sama antarpemain bukan “one man show” dalam skema pola permainan menyerang sudah tidak perlu dipakai lagi. Beberapa kelemahan yang selama ini terjadi, terutama sisi kiri lini pertahanan Laskar Mahesa Jenar yang sudah menjadi titik serangan tim lawan harus segera diperbaiki dan direct link lini tengah sebagai penghubung lini belakang dan lini depan harus diperlihatkan semakin baik.

Mencoba Titus Bonai untuk bermain sejak menit pertama harus bisa menjadi opsi, karena faktor pengalaman. Pun menempatkan Marukawa sebagai role player patut dicoba, untuk menarik keluar barisan lini belakang Persis Solo.

Skema komposisi untuk mengisi lini tengah PSIS Semarang dengan menempatkan Delvin sebagai destroyer, Cantilana sebagai box to box, dan Oktavianus sebagai gelandang serang patut dicoba. Bukan asal-asalan untuk memilih pemain dalam 11 pemain utama.

Kelemahan mendasar antara lini belakang dan lini tengah, seperti laga kemarin harusnya sudah bisa diperbaiki. Permasalahan dari segi transisi permainan, direct link antara lini tengah dan depan, bahkan hingga soal stamina yang masih disorot sampai sekarang.

Absennya Fortes sejak pekan pertama seharusnya sudah bisa dibaca jajaran kepelatihan PSIS Semarang, dengan opsi memainkan skema berbeda. Bukan lagi memainkan skema yang tentunya menjadi mudah bagi tim lawan untuk melakukan serangan balik, terutama dalam penguasaan bola.

Lini tengah yang selalu lemah dalam memutus serangan lawan, sebenarnya memunyai pekerjaan besar dan tentunya laga Derby Jateng akan menjadi ajang pembuktian dan sekaligus mendongkrak posisi klasemen PSIS Semarang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *