Berbasis Teknologi Informasi, MTQ XXIX Jawa Tengah 2022 Dimulai

Berbasis dan menerapkan teknologi informasi (IT), MTQ XXIX Jateng diharapkan bisa mendapatkan kafilah yang nanti bakal diberangkatkan untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah di tingkat nasional, di Kalimantan Selatan.
Pembukaan MTQ XXIX Jawa Tengah 2022 ditandai dengan penyerahan piala bergilir kepada Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin). // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER: Omegantoro | EDITOR: Dwi Roma | SEMARANG | obyektif.id

ALLAH SWT menurunkan Alquran untuk menjadi hidayah dan berkah bagi semua umat Muslim. Tidak ada keragu-raguan bahwa keberkahan itu benar-benar akan dilimpahkan bagi bumi yang di dalamnya dibacakan Alquran.

“Syukur alhamdulillah, pada malam hari kita bisa menyelenggarakan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dengan harapan, dengan adanya MTQ ini, Jawa Tengah mendapatkan berkah dari Alquran, sehingga musibah-musibah bisa diangkat Allah, bencana-bencana diangkat, dan tentunya kesejahteraan kemakmuran bagi Jawa Tengah,” kata Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Tengah yang juga Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen atau akrab disapa Gus Yasin dalam sambutannya di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang, Jumat (22/7/2022) malam.

Mahaguru mazab Syafi’i dari Mesir, Syekh Abdul Aziz bin Muhammad Al-Syahawi menyampaikan tausiyah di Pembukaan MTQ XXIX Jawa Tengah 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gus Yasin mengatakan, MTQ kali ini digelar dengan berbasis IT atau teknologi informasi. Sejak pendaftaran dan seleksi awal dibiasakan dan diperkenalkan dengan teknologi.

Para dewan hakim, dalam penilaiannya nanti juga menerapkan IT, agar tidak ada kendala. Tidak ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari berbagai kabupaten/kota, khususnya para ketua LPTQ kabupaten/kota.

Kontingen Kota Semarang yang akan ikut bertanding dalam ajang MTQ XXIX Jawa Tengah 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Maka dari itu, saya berharap, dengan MTQ yang kita laksanakan kali ini bisa mendapatkan kafilah-kafilah yang nanti akan kita berangkatkan untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah di tingkat nasional, di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Gubernur Ganjar Pranowo menyambut baik penyelenggaraan MTQ XXIX Jawa Tengah di Kota Semarang ini.

Ganjar menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi selaku tuan rumah, mengingat dalam lima tahun terakhir MTQ digelar secara terbatas di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Dan selama dua tahun terakhir ini pula, kegiatan keagamaan dilaksanakan secara virtual.

Penampilan Grup Band Ungu turut memeriahkan Pembukaan MTQ XXIX Jawa Tengah 2022. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Menurutnya, dengan gelaran luring saat ini, akan menambah semangat dan persaingan masing-masing khafilah dalam mengikuti MTQ.

Alhamdulillah, Covid-19 berhasil kita kendalikan, dan berbagai kegiatan masyarakat sudah dapat diselenggarakan secara normal,” ungkapnya.

Ganjar mengingatkan kepada para peserta untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama berlomba. Dia menyampaikan bahwa Covid-19 masih ada, sehingga masyarakat perlu berhati-hati. Salah satu langkah mudah, menurutnya, adalah dengan mengenakan masker saat bepergian.

“Kewaspadaan harus terus ditingkatkan, karena Covid-19 masih ada. Protokol kesehatan harus tetap dijaga,” tandasnya.

MTQ XXIX Jawa Tengah dihelat sepanjang 22-24 Juli 2022, diikuti 832 peserta dari 35 kontingen kabupaten/kota, yang akan bersaing di 16 cabang lomba terkait Alquran.

Enam belas cabang lomba itu meliputi Tartil Alquran, Tilawah Anak, Tilawah Remaja dan Dewasa, Tilawah Tunanetra, Qiroat Mujawwat Dewasa, dan Qiroat Murottal Remaja Dewasa.

Selanjutnya, ada Hafalan Satu Juz Tilawah, Hafalan 5 Juz Tilawah, Hafalan 10 Juz, Hafalan 15 Juz, Hafalan 20 Juz, Hafalan 30 Juz, Tafsir Bahasa Inggris, Tafsir Bahasa Indonesia dan Hafalan 3 Juz, Tafsir Bahasa Arab dan Kaligrafi, serta Karya Tulis Ilmiah Alquran.

Venue untuk kegiatan MTQ XXIX tersebar di sejumlah titik, antara lain di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BBSDM) Provinsi Jawa Tengah, Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Masjid Agung Kota Semarang, Balai Kota Semarang, Bappeda, dan SMA Negeri 3 Semarang.

Pembukaan MTQ XXIX Jawa Tengah 2022 dipungkasi dengan penampilan apik Grup Band Ungu, yang membawakan tembang-tembang religi mereka, dan sesekali berkolaborasi dengan santri.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *