Dibatasi, Haul Ke-24 KH Sukhaimi Tetap Dijubeli

Dalam kenangan Ustaz Ali, Kiai Haji Sukhaimi adalah ulama sekaligus ayah yang begitu kuat menanamkan prinsip, akidah, iman, dan agama –terutama kepada santri dan anak-anaknya– secara disiplin dan penuh keikhlasan.
Pengasuh Ponpes Jabal Nur KH Ali Nurudin (kedua kiri) turut bershalawat sebelum memulai acara inti Haul Ke-24 KH Sukhaimi. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER/EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

MESKI dibatasi dari sisi jumlah peserta dan tidak dilaksanakan di area makam seperti biasanya, Haul Ke-24 Kiai Haji (KH) Sukhaimi, ayahanda KH Ali Nurudin atau Ustaz Ali yang kali ini digelar di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Tahfidzul Qur’an Jabal Nur di Bukit Jabal, Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (28/2/2022) malam tetap dijubeli jemaah yang ingin turut mendoakan almarhum.

Ratusan jemaah tampak khusuk mengangkat tangan mengaminkan rangkaian doa yang dipanjatkan bagi Almarhum KH Sukhaimi, ayahanda KH Ali Nurudin (Ustaz Ali). // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Dimulai tepat selepas isya’, Haul Ke-24 KH Sukhaimi merupakan rangkaian dari acara Haflah Akhirussanah Khotmit Qur’an Ke-5 Ponpes Putri Tahfidzul Qur’an Jabal Nur, yang dihelat sebelumnya, siang hingga sore.

Suasana pelaksanaan Haul Ke-24 KH Sukhaimi yang digelar di aula Ponpes Jabal Nur, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Haul atau peringatan kematian ke-24 KH Sukhaimi atau akrab disapa Mbah Kiai Sukhaimi dihadiri dan diikuti oleh sejumlah ulama, ustaz-ustazah, keluarga, kerabat, serta jemaah dan masyarakat umum. Lebih dari 500 orang tercatat mengikuti haul ketiga yang digelar dengan sejumlah batasan di tengah pandemi Covid-19 ini.

KH Ali Nurudin (Ustaz Ali). // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

“Sebagai anak, Abah Sukhaimi adalah ulama sekaligus ayah yang begitu kuat menanamkan prinsip, akidah, iman, dan agama –terutama kepada santri dan anak-anaknya– secara disiplin dan penuh keikhlasan,” ungkap Ustaz Ali.

Pengasuh Ponpes Jabal Nur KH Ali Nurudin merupakan anak keenam dari 7 bersaudara pasangan KH Sukhaimi dan Hj Romlah.

KH Ishomuddin Syahid. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Di mata KH Ishomuddin Syahid, rekan Ustaz Ali, Mbah Kiai Sukhaimi merupakan sosok ulama yang layak diteladani karena kesahajaan dan ke-zuhud-annya.  

Haul ini menjadi penting untuk memetik ibrah atau pelajaran dari ajaran atau pesan-pesan Mbah Kiai Sukhaimi di masa hidupnya. Terutama bagi anak-anaknya, juga para santrinya, termasuk bagi generasi saat ini,” ujar KH Ishomuddin.

Haji Gus Fadlullah, putra sulung KH Dimyati Rois (pertama kiri) saat memimpin doa penutup. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

KH Sukhaimi wafat pada 27 Rajab dalam penanggalan Hijriyah, 24 tahun silam, sehingga haul-nya senantiasa diperingati saban 27 Rajab yang tahun ini jatuh pada 28 Februari 2022.

Di Haul Ke-24 KH Sukhaimi ini, ratusan jemaah yang hadir terlihat takzim dan khidmat mengikuti seluruh rangkaian acara haul, yang diawali pembacaan Diba’, Yasin, dan Tahlil, hingga doa penutup oleh Haji Gus Fadlullah, putra sulung KH Dimyati Rois.

Ratusan jemaah berjubel dalam antrean untuk mendapatkan bingkisan berkat haul sebelum pulang. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Usai acara, lebih dari 500 bingkisan berkat haul ludes tak bersisa dibagikan kepada seluruh jemaah, yang meniatkan untuk ngalap berkah di peringatan kematian KH Sukhaimi ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *