Jurnalistik Itu Asyik

Pelatihan Jurnalistik Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu bertujuan agar setiap anggota OSIS mampu membuat reportase, melaporkan kejadian serta kegiatan apapun di lingkungan Speroka.
Suasana Pelatihan Jurnalistik Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

REPORTER: Tim Speroka | EDITOR: DNR | KENDAL | obyektif.id

JURNALISTIK adalah kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan menyampaikan berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Jika dilakukan dengan passion dan kecintaan, jurnalistik merupakan kegiatan yang menarik dan mengasyikkan.

Demikian rangkuman paparan Pemimpin Redaksi obyektif.id Cyber Magazine Dwi Roma, saat menjadi narasumber tunggal di Pelatihan Jurnalistik Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu (Speroka), Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (4/10/2021).

Sambutan pembuka Waka Kesiswaan SMP Negeri 2 Kaliwungu Agus Wachiddin. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Dibuka Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan SMP Negeri 2 Kaliwungu Agus Wachiddin, pelatihan diikuti 18 peserta didik terpilih, sebagian di antaranya merupakan pengurus OSIS sekolah ber-tagline “Beautiful in Small” ini.

Dwi Roma menjelaskan, melalui pelatihan jurnalistik di sekolah, peserta didik akan dilatih untuk menjadi jauh lebih baik dalam menyusun naskah-naskah, minimal untuk diterbitkan di media internal mereka.

Dwi Roma menyampaikan materi dasar-dasar jurnalitik. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Ke depan, dia berharap, dari pelatihan jurnalistik ini dapat melahirkan calon-calon jurnalis pelajar yang baik di masa mendatang.

Dwi Setyaningsih, penggagas sekaligus panitia gelaran menyebutkan, Pelatihan Jurnalistik Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu bertujuan agar setiap anggota OSIS mampu membuat reportase, melaporkan kejadian serta kegiatan apapun di lingkungan Speroka.

Dwi Setyaningsih didampingi peserta Pelatihan Jurnalistik Pengusus OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Dengan pelatihan dasar jurnalistik ini, anak-anak akan tahu bagaimana cara menulis berita yang baik, apa saja yang harus terpenuhi sesuai kaidah-kaidah dan kode etik jurnalistik. Jadi, menurutnya, ini merupakan pelatihan yang penting dan bermanfaat bagi anggota OSIS.

Jiwa pendidik Dwi Setyaningsih saat membantu menerangkan kepada peserta Pelatihan Jurnalistik Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Dwi Setya, sapaan karib guru pengajar Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia ini menambahkan, bila hasilnya baik, kegiatan pelatihan jurnalistik semacam ini bisa menjadi agenda program rutin OSIS di tahun-tahun selanjutnya.

Kegiatan pun tidak harus dilaksanakan secara formal. Jadi semuanya bisa berinteraksi dengan nyaman dan lancar.

Ketua OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu Sindy Shafariana Cahyani didampingi Sekretaris OSIS Anis Izzatun Nisa. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Ketua OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu Sindy Shafariana Cahyani, mengaku baru kali ini mengikuti pelatihan jurnalistik. Baginya, jurnalistik merupakan kegiatan yang menarik dan bermanfaat.

Di akhir sesi, 18 peserta dibagi menjadi tiga kelompok untuk praktik liputan, wawancara, sekaligus menuliskan berita seputar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu ini.

Peserta pelatihan jurnalistik praktik liputan dan wawancara. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Kelompok A terdiri atas Sindy Shafariana Cahyani (ketua), Aprilia Dewi Fajriani, Sara Sahira Suwito, Sukma Cahyaning Indah, Kinanthi Hasya Putri Aditya, dan Dawang Anugerah Ramadhani.

Diskusi Kelompok A yang diketuai Sindy Shafariana Cahyani, sebelum menuliskan berita hasil praktik liputan dan wawancara. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Kelompok B dihuni Noor Sabat Sola Natalius (ketua), Marizka Dewi Putri, Sherly Davina, Evan Dimas Pratama, Moza Aurellia S, dan Eka Putri K.

Kelompok C diisi Anis Izzatun Nisa (ketua), Nandifatul Mauludia Wahid, Andina Khoirunisa, Arzetty Bilbina Aurellia, Nanda Aditia, dan Haydar Rinangga Putra L.

Dwi Setyaningsih dan Dwi Roma membahas singkat berita hasil praktik liputan dan wawancara peserta pelatihan jurnalistik. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Setelah melalui penilaian singkat, berita karya Kelompok A yang diketuai Sindy Shafariana Cahyani terpilih menjadi yang terbaik, sekaligus diterbitkan di media obyektif.id, dengan penambahan kelengkapan data dan penyelarasan tingkat kelayakan seperlunya.

Kemudian, empat wartawan pelajar terpilih, masing-masing Sindy Shafariana Cahyani (kelas IX-A), Anis Izzatun Nisa (IX-D), Sherly Davina (IX-C), dan Noor Sabat Sola Natalius (kelas VIII-D).

Peserta Pelatihan Jurnalistik Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Kaliwungu bersama Dwi Setyaningsih dan Dwi Roma ber-Salam Literasi. // KLIK gambar untuk nonton VIDEO-nya!

Mereka bakal menjadi agen jurnalis yang bertugas dan bertanggung jawab untuk memberitakan kegiatan atau kejadian apapun di lingkungan Speroka. Mereka pasti “Bisa, Bisa, Bisa… Luar Biasa!”***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *