Salatiga Raih Opini WTP Kali Kelima

Opini WTP adalah sebuah capaian opini yang baik dalam tata kelola keuangan, didukung dengan tata kelola pemerintah yang baik pula. Capaian ini adalah hasil kerja keras bersama semua pihak.
Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

REPORTER: Dian Budianto | EDITOR: Dwi Roma | SALATIGA | obyektif.id

KOTA Salatiga kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Opini tersebut merupakan kali kelima yang diraih secara berturut-turut.

Opini WTP diserahkan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali kepada Wali Kota Salatiga Yuliyanto didampingi Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit dan Sekda Kota Salatiga Wuri Pujiastuti di Ruang Pertemuan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Lantai I, Banyumanik, Semarang, Jumat (7/5/2021).

Wali Kota Salatiga Yuliyanto (kanan) dan Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit (kiri) bersama Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali, usai menerima Opini WTP.

Alhamdulillah, Salatiga kembali menerima dan meraih opini WTP untuk kali kelima atas LKPD tahun 2020. Saya bersyukur atas raihan ini. Atas temuan yang ada, akan kami tindaklanjuti. Karena saya ingin mematuhi, ingin patuh atas temuan tersebut untuk segera diselesaikan. Nantinya akan dilaksanakan bersinergi oleh Sekda, Inspektorat, Bagian Keuangan dan pihak terkait agar dapat diselesaikan dengan baik,” kata Yuliyanto.

Menurutnya, opini WTP adalah sebuah capaian opini yang baik dalam yang baik pula. Capaian ini adalah hasil kerja keras bersama semua pihak.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto didampingi Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit dan Sekda Kota Salatiga Wuri Pujiastuti (menghadap, paling kiri) dalam pertemuan dengan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali di Ruang Pertemuan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.

“Solusi sudah kita laksanakan. Ini merupakan kerja bersama-sama. Terima kasih BPK yang sudah membantu. Alhamdulillah kita masih diberi kepercayaan ini,” ungkapnya.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Ayub Amali menyatakan, LKPD Kota Salatiga sudah dilakukan pemeriksaan pendahuluan sejak Januari 2021 dan dilanjutkan dengan pemeriksaan terinci setelah menerima LKPD dari pemerintah daerah.

“Kami ucapkan selamat kepada Kota Salatiga atas capaian Opini LKPD Tahun 2020. Opini tersebut merupakan kerja keras seluruh jajaran Kota Salatiga. Hasil pemantauan TLRHP sampai dengan semester II tahun 2020 pada Kota Salatiga adalah sebesar 93,17%. Nilai tersebut ada di atas rata-rata nasional sebesar 75,60%,” ujar Amali.

Dia berharap, hasil WTP ini bisa menjadi motivasi untuk terus memberikan komitmen terbaik dalam pengelolaan keuangan di Kota Salatiga yang transparan dan akuntabel.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *