Kiki Tazkirotul Mukhasabah Terpilih Jadi Perangkat Desa Tlogopucang

Sedikitnya ada delapan orang yang mendaftar ke panitia, tujuh mendaftar untuk Kepala Seksi Pelayanan dan satu pendaftar untuk Kepala Dusun Tlogopucang Utara.
Tasrifan, panitia membagikan materi soal praktik komputer kepada peserta.

REPORTER: Mutabingun | EDITOR: Dwi Roma | TEMANGGUNG | obyektif.id

TIDAK memihak dan tidak ada unsur berat kepada salah satu peserta ujian pengangkatan perangkat desa. Nilai tes benar-benar murni dari apa yang telah dikerjakan para peserta.

Demikian penegasan Fahrodin, ketua Panitia Pengangkatan Perangkat Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, sesaat sebelum merilis berita acara dan pengumuman hasil akhir dari masing-masing peserta ujian pengangkatan perangkat Desa Tlogopucang yang digelar di SMP Negeri 3 Kandangan, Rabu (27/1/2021).

Hadir dalam acara tersebut, jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kandangan, memantau jalannya pelaksanaan ujian yang dihelat mulai pukul 08.00 hingga 12.00.

Ketua Panitia Fahrodin dan Kepala SMP Negeri 3 Kandangan Haryono beserta jajaran Muspika Kandangan di ruang transit.

Ujian diikuti enam peserta dari beberapa dusun di Desa Tlogopucang, masing-masing satu dari Dusun Karang Tengah, dua dari Dusun Kedopokan, dua dari Dusun Tlogopucang Tengah, dan satu peserta dari Dusun Tlogopucang Selatan.

Panitia membuka pendaftaran pengangkatan perangkat Desa Tlogopucang untuk dua formasi jabatan, yaitu Kepala Seksi Pelayanan dan Kepala Dusun (Kadus) Tlogopucang Utara, mulai 28 Desember 2020 sampai dengan 19 Januari 2021.

Sejak itu, sedikitnya ada delapan orang yang mendaftar ke panitia, tujuh mendaftar untuk Kepala Seksi Pelayanan dan satu pendaftar untuk Kepala Dusun Tlogopucang Utara.

Jajaran Panitia Pengangkatan Perangkat Desa Tlogopucang.

Namun, sampai ujian terlaksana, hanya ada enam pendaftar saja yang resmi menjadi peserta. Pasalnya, satu pendaftar dari Seksi Pelayanan mengundurkan diri, dan satu pendaftar Kepala Dusun Tlogopucang Utara tidak mendapatkan kompetitor.

Tasrifan, salah satu anggota panitia mengatakan, pengangkatan perangkat desa untuk formasi jabatan Kepala Dusun Tlogopucang Utara ditunda sampai semua persyaratan terpenuhi.

“Nanti pendaftaran pengangkatan perangkat desa akan dibuka lagi,” jelasnya.

Dua Macam

Adapun materi yang diujikan ada dua macam, yaitu ujian tertulis yang meliputi Pancasila dan UUD 1945, Pengetahuan Umum, Administrasi Perkantoran, Pemerintahan Daerah dan Pemerintahan Desa, Kemampuan Dasar Komputer, dan ujian praktik komputer meliputi Administrasi, Tata Usaha, dan Surat Menyurat.

Pembacaan berita acara dan pengumuman hasil ujian.

Mengantongi hasil akhir dengan total nilai 49,2, Kiki Tazkirotul Mukhasabah, peserta dari Dusun Tlogopucang Tengah unggul dari teman-temannya, dan berhasil lolos seleksi pengangkatan perangkat Desa Tlogopucang. Selanjutnya, pelantikan diagendakan pada 17-19 Februari mendatang.

Kepala Desa Tlogopucang Tohirin menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua panitia penyelenggara dan pihak terkait.

Alhamdulillah pelaksanaan Ujian Pengangkatan Perangkat Desa Tlogopucang sudah selesai dan berjalan lancar tanpa ada halangan apapun. Saya ucapkan selamat kepada peserta ujian yang telah lulus dan saya berharap semoga amanah dalam menjalankan tugas melayani masyarakat dengan baik,” tandasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *