Demi Perbaikan Kinerja, Bawaslu Gelar Rapat Kerja Teknis dengan Media

“Kami meminta saran, kritik, dan review terhadap penyelenggaraan Pilkada 2020 ini dari rekan-rekan media massa, sehingga pada penyelenggaraan dan pengawasan Pilkada yang tinggal beberapa hari ini dapat ditingkatkan kinerjanya dan semakin lebih baik lagi,” ujar Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani.


REPORTER: Eko Purwanto | EDITOR: Dwi Roma | KENDAL | obyektif.id

MENGUSUNG tema “Review Penyelenggaraan dan Pengawasan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kendal Tahun 2020,” Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal menggelar Rapat Kerja Teknis dengan awak Media di Hotel Sai Inn Kendal, Senin (30/11/2020).

Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan ini, dan berharap dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani {berdiri di mimbar} saat menyampaikan laporan kinerja di Rapat Kerja Teknis dengan media.

Odilia menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk me-review pelaksanaan Pilkada 2020, melalui penyampaian laporan sebagai penyelenggara Pilkada, baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Bawaslu Kabupaten Kendal selama 60 hari kampanye, terkait dengan capaian kerjanya agar diketahui publik. 

“Kami meminta saran, kritik, dan review terhadap penyelenggaraan Pilkada 2020 ini dari rekan-rekan media massa, sehingga pada penyelenggaraan dan pengawasan Pilkada yang tinggal beberapa hari ini dapat ditingkatkan kinerjanya dan semakin lebih baik lagi,” pintanya.

Berbeda

Sementara Komisioner KPU Nurul Akhirin mengatakan, pelaksanaan Pilkada 2020 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pelaksanaan tahun 2020 ini sangat berbeda, karena ada hal yang baru, yaitu harus mematuhi protokol kesehatan, dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Selain itu, di setiap TPS, KPU harus menyiapkan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya tinggi, serta menyiapkan baju hazmat,” ujarnya.

Bagian Pengawasan Hukum dan Humas Bawaslu Arif Mustofifin mengungkapkan, pada pelaksanaan Pilkada 2020 ini, Bawaslu Kendal sudah melakukan banyak kegiatan, di antaranya adalah rapat koordinasi (rakor) dengan Panwaslu Kecamatan sebanyak 17 kali, baik secara daring dan tatap muka.

“Kami dari Bawaslu sudah melakukan berbagai rakor untuk kesiagaan kepada seluruh Panwaslu Kecamatan. Semoga Pilkada ini dapat berjalan lancar, aman dan damai,” katanya.

Terpisah, Unggul Priambodo mengatakan, pasangan calon tidak begitu tertarik dengan kampanye melalui media. Paslon lebih tertarik kampanye lewat media sosial.

“Pilkada tahun ini sangat berbeda, selain di masa pandemi, paslon juga lebih suka kampanye melalui media sosial dan tatap muka, meski dengan pembatasan. Dalam kampanye tatap muka pada masa pandemi, bisa dipastikan semua calon melanggar protokol kesehatan, meski tingkat pelanggarannya sedikit,” paparnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *